Klip stripper

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemuatan klip untuk senapan .303 British Lee-Enfield No. 4 Mk 2
Klip stripper dengan peluru Swiss GP 11 7,5 × 55 mm
Pemuatan klip GP 11 untuk senapan K31

Klip stripper (juga dikenal sebagai charger atau charger clip, terutama dalam kosakata militer Inggris dan Persemakmuran) adalah pemuat cepat yang memuat beberapa peluru (biasanya antara 5 dan 10) bersama-sama dalam satu unit untuk memuat magazen dengan lebih mudah dan lebih cepat.[1]

Klip stripper awalnya digunakan pada senapan infanteri aksi-baut, seperti Mosin-Nagant dari Rusia, Lee-Enfield dari Britania, dan Mauser Model 1889, Gewehr 98 dan variannya Karabiner 98k dari Jerman, M1903 Springfield dari Amerika Serikat, M1917 Enfield, K31 dari Swiss dan banyak lainnya. Klip stripper juga digunakan pada senapan semi-otomatis yang lebih baru dengan magazen box internal, seperti SKS dari Soviet, dan Senapan Hakim dari Mesir.

Klip stripper berbeda dari klip en bloc karena tidak dirancang untuk dimasukkan ke dalam senjata itu sendiri, tetapi hanya untuk memuatnya atau magazennya. Setelah magazen dimuat, klip stripper dilepas dan disisihkan untuk memuat ulang, atau dibuang begitu saja selama pertempuran.

Umumnya, senjata yang dapat menggunakan klip stripper untuk memuat juga dapat dimuat satu putaran pada satu waktu, sedangkan senjata yang dirancang untuk klip "en bloc" tidak dapat digunakan tanpa klip.

Saat ini, mereka digunakan untuk melengkapi magazen box yang dapat dilepas untuk senapan semi-otomatis dan otomatis. Magazen biasanya ditempatkan di bibir tempat magazen, klip ditempatkan di dalam pemuat, dan kemudian peluru didorong ke magazen.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Walker, Robert E. (2013). Cartridges and Firearm Identification. CRC Press. hlm. 419. ISBN 978- 1-4665-8881-3.