Klearkhos dari Sparta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Klearkhos atau Klearkh (bahasa Yunani Kuno: Κλέαρχος; lahir di Sparta sekitar tahun 450 SM - meninggal di Babel tahun 401 SM), putra Rhamphias, merupakan seorang jenderal Sparta dan tentara bayaran, yang tercatat selama pelayanannya di bawah Kyrus Muda.

Lahir pada sekitar pertengahan abad ke-5 SM, Klearkhos dikirim dengan armada ke Hellespont pada tahun 411 dan menjadi gubernur Byzantium, di mana ia menjadi proxenus. Keparahannya, bagaimanapun, membuatnya tidak populer, dan dalam ketidakhadirannya gerbang dibuka untuk tentara mengepung Athena di bawah Alkibiades (409).

Selanjutnya Klearkhos kembali ke Sparta dan memohon kepada para ephor, meminta diberikan kekuatan untuk menyelesaikan pertikaian politik yang kemudian membanjiri Byzantium dan untuk melindungi kota dan koloni Yunani tetangga dari serangan Trakia. Dia diberi kekuatan itu, tetapi ketika para ephor mengetahui bahwa warga Byzantium menganggapnya sebagai seorang tiran, mereka mengingatnya melalui seorang utusan yang mencapai Klearkhos saat ia masih di Tanah genting Korintus. Klearkhos mengabaikan pembawa pesan itu dan pergi ke Byzantium, dan dengan demikian dia langsung dinyatakan sebagai penjahat oleh para ephor. Dia berhasil melawan suku-suku Trakia, dalam proses mendapatkan dukungan tidak resmi dari kota-kota Yunani yang lega. Klearkhos, mengandalkan keberhasilannya untuk mendapatkan kembali kemurahan hati ephor Sparta, pada akhirnya kecewa dengan harapan ini. Ketika Kyrus mengetahui bahwa pasukan Yunani kekutan dalam kondisi pertempuran tinggi begitu dekat dengan Asia, ia mengirim duta besar dengan uang (10,000 daric Persia) meminta Klearkhos untuk membantunya mengklaim takhta dari saudaranya, Kaisar Persia Artahsasta II Mnemon. Klearkhos tidak menerima karena uang, tetapi karena dia tahu bahwa cepat atau lambat dia harus menghadapi sesama Sparta karena dia masih dianggap sebagai penjahat oleh para ephor. Dia meninggalkan komando garnisun Bizantium ke Helixus dari Megara (lihat Koiratadas).

Dalam "ekspedisi sepuluh ribu" yang dilakukan oleh Kyrus untuk melengserkan saudaranya Artahsasta, Klearkhos memimpin delegasi Peloponnesos Tentara Sepuluh Ribu, yang membentuk sayap kanan tentara Kyrus di pertempuran Kounaxa (401). Karena kematian Kyrus Klearkhos mengambil alih komando utama dan mengadakan retret sampai, setelah ditangkap dengan kejam bersama rekan-rekan jenderalnya oleh satrap Sardis, Tissafernis, ia diserahkan kepada Artahsasta dan dieksekusi di istana kerajaan di Babel.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]