Kitab Ritus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kitab Ritus

Annotated Classic of Rites 59.jpg

Kitab Ritus versi beranotasi, tertanggal sebelum 907
Nama Tionghoa
Hanzi tradisional: 禮記
Hanzi sederhana: 礼记
Makna literal: "Catatan Ritus"
nama alternatif
Hanzi tradisional: 禮經
Hanzi sederhana: 礼经
Makna literal: Ritus Klasik
Nama Jepang
Kanji: 礼記
Nama Korea
Hangul: 예기
Hanja: 禮記
Nama Vietnam
Vietnam: Kinh Lễ

Kitab Ritus atau dalam bahasa Mandarin disebut Liji (Hanzi sederhana: 礼记; Hanzi tradisional: 禮記; Pinyin: Lǐ jì) adalah kumpulan teks yang menggambarkan bentuk sosial, administrasi dan seremonial keagamaan pada zaman Dinasti Zhou yang sudah dipraktikkan sejak Periode Negara Berperang hingga periode awal Dinasti Han.

Kitab Liji bersama dengan Kitab Zhouli dan Kitab Yili dikenal sebagai kitab Sanli (tiga serangkai Li) dan menjadi ritus (li) dalam Kitab Lima Klasik yang merupakan inti ajaran kanon tradisional Konfusianisme. Sebagai teks inti dari kanon Konfusianisme, Kitab Liji juga disebut "Lijing" (Ritus Klasik), yang oleh beberapa sarjana diyakini sebagai judul asli sebelum diubah menjadi Liji oleh Dai Sheng.

Pada 1993, salinan bab yang dinamakan "Jubah Hitam" ditemukan di Makam 1 Guodian Chujian di Jingmen, provinsi Hubei, yang sudah tertutup sejak 300 SM. Penemuan itu mengaktifkan kembali argumen akademis tentang kemungkinan penanggalan bab-bab "Liji" lainnya pada Periode Negara Berperang.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Puett, 137 n.19.