Kimi ni Todoke (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kimi ni Todoke
SutradaraNaoto Kumazawa
ProduserTakahiro Sato
PenulisRika Nezu
Naoto Kumazawa
CeritaKaruho Shiina (Kimi ni Todoke)
PemeranMikako Tabe
Haruma Miura
Misako Renbutsu
Natsuna Watanabe
Haru Aoyama
Arata Iura
Mirei Kiritani
Perusahaan
produksi
Nippon Television
Nikkatsu
Django Film
DistributorToho
Tanggal rilis
  • 25 September 2010 (2010-09-25) (Jepang)
Durasi
128 menit
NegaraJepang
BahasaJepang
Pendapatan kotorUS$18,027,475[1]

Kimi ni Todoke (君に届け, id:"Menggapaimu") adalah film drama percintaan Jepang tahun 2010 berdasarkan komik manga yang berjudul sama.[2] Film ini disutradarai oleh Naoto Kumazawa, yang juga ikut menulis film ini dengan Rika Nezu.[3] Film ini dibintangi oleh aktris Mikako tabe, yang memainkan peran Sawako Kuronuma, juga dikenal sebagai "Sadako", dan Haruma Miura, yang memainkan peran Shota Kazehaya, seorang siswa laki-laki yang populer dengan teman-teman sekelasnya.[4]

Kimi ni Todoke dirilis di bioskop-bioskop Jepang pada tanggal 25 September 2010. Film ini kemudian diputar di Festival Film Asia Dallas ke-10 pada tanggal 17 Juli 2011.[5] Film ini meraup pendapatan total 18.027.475 dolar di Jepang.[1]

Plot[sunting | sunting sumber]

Sawako Kuronuma selalu dihindari oleh teman-teman sekelasnya karena namanya menyerupai "Sadako", karakter utama dalam film horor 1998 Ring. Mereka percaya bahwa ketika seseorang menatap mata Sawako selama lebih dari tiga detik, nasib buruk akan menimpa orang tersebut. Mereka juga percaya bahwa dia bisa memanggil hantu. Rumor ini semakin memburuk karena Sawako tidak dapat mengekspresikan pendapatnya secara terbuka. Namun, dalam kenyataannya Sawako adalah orang yang baik dengan moto hidupnya adalah "melakukan satu hal yang baik sekali sehari". Shota Kazehaya, di sisi lain, adalah seorang siswa yang populer dikalangan teman sekolahnya, terutama anak perempuan.

Pada hari pertama sekolah, Sawako membantu Kazehaya, yang tersesat, untuk menemukan jalan ke sekolah. Sejak hari itu, Kazehaya memperlakukan Sawako dengan baik, menghormati Sawako dan mengaguminya. Sawako juga berteman baik dengannya dan teman sekelasnya Chizuru Yoshida dan Ayane Yano setelah dia setuju untuk berperan sebagai hantu dalam "uji nyali" kelas mereka untuk mengisi liburan . Dengan bantuan mereka, ia berhasil mendapatkan kepercayaan diri dan berinteraksi lebih baik dengan teman sekelasnya. Desas-desus tentang dia juga mulai mereda. Namun, Ume Kurumizawa, pengagum Kazehaya, mulai menjadi iri karena Sawako diperlakukan dengan baik oleh Kazehaya.

Rumor aneh seperti "Chizuru telah tidur dengan 100 orang" mulai menyebar. Sawako jaga jarak dari teman-temannya, percaya bahwa mereka menjadi sasaran desas-desus karena mereka dekat dengannya dan dia tidak ingin mereka terluka karena dia. Kedua, Chizuru dan Ayane merasa terluka setelah mereka mendengar Sawako mengatakan bahwa dia tidak menganggap mereka sebagai teman. Namun, dengan saran dari Kazehaya, Sawako menemui orang-orang yang menyebarkan rumor. Sawako tidak mundur meskipun mendapat kekerasan, dan Chizuru dan Ayane itu sangat tersentuh oleh tindakan Sawako itu. Persahabatan mereka menjadi lebih kuat.

Pada festival olahraga, Kurumizawa, dengan berpura-pura menjadi teman Sawako itu, mengaku perasaannya terhadap Kazehaya untuk Sawako dan meminta bantuannya. Sawako menolak, mengatakan bahwa Kazehaya juga khusus baginya. Kurumizawa kemudian berusaha keras untuk mengalihkan perhatian Sawako untuk Ryu, bahkan sampai diam-diam mengatur pertemuan antara mereka sehingga ia bisa "secara kebetulan" berjalan melewati tempat itu dengan Kazehaya. Namun, rencananya menjadi bumerang karena Kazehaya merasa cemburu dan meraih tangan Sawako dan menariknya pergi. Chizuru dan Ayane kemudian mengetahui Kurumizawa sebagai otak dari semuanya dan Kurumizawa merasa terpojok. Namun, Sawako meminta keduanya untuk tidak mengungkapkan insiden ini untuk Kazehaya. Kurumizawa kemudian mengaku perasaannya terhadap Kazehaya, yang menolaknya, tapi ia mengatakan bahwa ia senang telah mengakui perasaannya pada Kazehaya. Kazehaya dan Sawako juga mulai menghabiskan waktu bersama lebih sedikit, karena Kazehaya mengantar Sawako berjalan pulang. Kazehaya kemudian mencoba mati-matian untuk pergi bersamanya pada malam natal untuk mengakui perasaannya, tapi Sawako tidak dapat datang karena harus menghadiri pertunjukan ayahnya. Lalu Sawako tidak jadi menonton pertunjukan ayahnya dan memilih menemui Kazehaya dan tiba-tiba Kazehaya mengakui perasaannya kepada Sawako dan meminta dia untuk menjadi pacarnya. Dia juga meminta apakah dia bisa pergi kencan dengan dia pada malam Natal. Sawako menolaknya dan berlari ke bus, meninggalkan perasaan sedih Kazehaya. Lebih buruk lagi, dia tidak muncul di pesta malam Natal karena ia berjanji untuk pergi ke pertunjukan ayahnya, meninggalkan Kazehaya dalam suasana hati yang buruk di pesta itu. Chizuru dan Ayane menunjukkan bahwa dia pergi meminta maaf kepada Kazehaya pada Malam Tahun Baru, karena ia relawan di festival setiap tahun. Namun, orkestra ayah Sawako yang memiliki sebuah konser malam itu, di mana Sawako memiliki pertentangan untuk memilih. Sawako akhirnya memutuskan memilih Kazehaya, dan meminta maaf kepada ayahnya. Sementara itu, Kazehaya, setelah melihat buku pegangan guru Sawako yang diberikan kepadanya, akhirnya mengerti perasaan Sawako terhadap dia. Akhirnya, mereka bertemu di Hari Tahun Baru dan menyampaikan perasaan sesungguhnya masing-masing.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Mikako Tabe sebagai Sawako Kuronuma,[4] gadis yang namanya sering keliru diucapkan sebagai "Sadako", nama tokoh utama dalam film Ring. Dia sebenarnya orang yang baik yang menempatkan orang lain sebelum dirinya sendiri, dan dia juga seorang siswi pekerja keras yang selalu konsisten dalam meraih nilai tinggi dalam ujian. Hari ulang tahunnya adalah pada tanggal 31 Desember 1994.
  • Haruma Miura sebagai Shota Kazehaya,[4] seorang siswa populer yang telah memenangkan banyak pengagum. Dia jatuh cinta dengan Sawako sejak pertama kali mereka bertemu.
  • Misako Renbutsu sebagai Chizuru Yoshida, seorang siswi yang datang dari SMP yang sama dengan Kazehaya dan Ryu. Dia diam-diam menyukai kakaknya Ryu, meskipun hal ini berubah ketika tahu ia akan akan menikah.
  • Natsuna Watanabe sebagai Ayane Yano, gadis yang tidak pintar dalam mengekspresikan dirinya seperti Sawako. Sahabatnya adalah Chizuru, yang pernah sekelas dengannya sewaktu berada di SMP.
  • Mirei Kiritani as Ume Kurumizawa, gadis yang menyukai Kazehaya sejak berkenalan dengannya saat berada di SMP. Kazehaya adalah alasan mengapa ia memilih SMA yang sama dengannya.
  • Haru Aoyama sebagai Ryu Sanada, bintang tim bisbol di sekolah. Dia menyatakan ke Sawako bahwa dia menyukai Chizuru, yang telah menjadi temannya sejak kecil.
  • Yuta Kanai sebagai Soichi Shironouchi
  • Arata Iura sebagai Kazuichi Arai, wali kelas Sawako. Dia tidak terlihat bergairah atau bertanggung jawab, dan selalu melakukan hal-hal yang sesuai dengan keinginannya sendiri. Namun, ia terkadang memberikan nasihat yang bermanfaat bagi siswanya.
  • Yasuko Tomita sebagai ibu dari Sawako
  • Masanobu Katsumura sebagai ayah dari Sawako, pemain simbal di sebuah orkestra.
  • Ryuto Yamaguchi sebagai Toru Sanada, kakak dari Ryu dan orang yang disukai Chizuru.
  • Keiko Yoshida sebagai Haruka Katayama, tunangan Toru.
  • Airi Matsuyama sebagai Tomomi Endo
  • Narumi Konno sebagai Eriko Hirano
  • Rena Haruyama

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pemgembangan[sunting | sunting sumber]

Film laga hidup yang diadaptasi dari manga berjudul sama ini pertama kali diumumkan pada edisi Februari 2010 dari majalah Bessatsu Margaret. Kimi ni Todoke adalah serial manga di majalah tersebut sejak tahun 2005 dan telah memenangkan penghargaan Kodansha Manga Award ke-32. Manga ini juga dibuat menjadi sebuah anime seri pada tahun 2009 dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris di Amerika Utara oleh penerbit Viz Media. Tidak ada rincian lainnya yang diumumkan, meskipun pengumuman tersebut berisi pesan dari pencipta manga Karuho Shiina.[6]

Informasi yang lebih lengkap untuk film adaptasi ini terungkap pada tanggal 2 April 2010.[2] Diumumkan bahwa direktur Naoto Kumazawa, yang sebelumnya bekerja di film 2006 Rainbow Song dan film 2008 Dive!, akan mengarahkan film ini.[7] Pemeran dari film ini termasuk Mikako Tabe, yang sebelumnya membintangi di serial televisi 2007 Yamada Taro Monogatari dan film 2009 Kenta to Jun to Kayo-chan no Kuni,[8] memainkan Sawako Kuronuma dalam film ini. Selain itu, aktor Haruma Miura berperan sebagai Shota Kazehaya di film ini. Dia sebelumnya membintangi sebagai peran utama karakter laki-laki Hiroki Sakurai di film 2007 Koizora.[9]

Pembuatan film[sunting | sunting sumber]

Kimi ni Todoke difilmkan di Ashikaga, Tochigi. Adegan yang menampilkan bunga sakura difilmkan di Taman Orihime, sementara adegan sekolah difilmkan di gedung SMA Ashikaga Barat yang kini tidak dipakai lagi. Yakumo Jinja (八雲神社) juga ditampilkan dalam film ini sebagai lokasi pesta tahun baru di. Pembuatan film di lokasi ini berlangsung selama 40 hari dari tanggal 27 April sampai 6 Juni 2010.[10][11]

Sebuah seremoni akhir perfilman diadakan di gedung SMA Ashikaga Barat pada tanggal 8 Juni 2010, dengan semua anggota cast muncul dalam kostum seragam sekolah. Pada upacara tersebut, aktor Haruma Miura mengatakan bahwa ia merasa nyaman dalam bermain peran "Kazehaya nyata" dan menggambarkannya sebagai peran yang disesuaikan. Dia juga mengambil kesempatan untuk mengucapkan terima kasih kepadanya ayahnya.[11]

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Lagu tema untuk film ini adalah lagu Kimi ni Todoke, yang dinyanyikan oleh band pop-rock Jepang Flumpool. Hal itu terungkap dalam pengumuman yang dibuat pada tanggal 14 Juli 2010. Anggota Flumpool, Ryuta Yamamura, yang mengungkapkan bahwa ia menyukai manga Kimi ni Todoke, mengatakan bahwa "Kami (anggota Flumpool) percaya bahwa banyak orang yang telah membaca manganya yang diatribusikan dengan "keberanian" dan "kebaikan" dalam pekerjaannya." Album tunggal untuk lagu ini dirilis secara bersamaan dengan film ini.

Video musik dari lagu Kimi ni Todoke difilmkan di sebuah SMP yang tidak diungkapkan di wilayah Kanto. Video musik ini melibatkan lebih dari 200 siswa SMP yang dipilih dari fan club Flumpool dan mereka membintangi sebagai penonton dalam konser di mana band ini tampil di halaman sekolah tersebut.[12]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis di bioskop-bioskop Jepang pada tanggal 25 September 2011, di mana film ini ditampilkan pada 285 bioskop di seluruh Jepang, Pada hari itu, film ini memiliki acara pembukaan yang diadakan di bioskop Toho di bukit Roppongi. Sutradara Naoto Kumazawa dan anggota pemain film ini berkunjung ke sana, di mana mereka disambut oleh penggemar yang memenuhi aula. Di sana, Haruma Miura membacakan surat yang ditulis oleh Karuho Shiina, pencipta manga Kimi ni Todoke, dan dialamatkan kepadanya dan aktris lawan mainnya Mikako Tabe. Pesan itu, yang mengatakan bahwa "ketekunan Haruma sampai saat ini harus benar-benar dikirim ke seluruh Jepang", membuat Haruma terharu.[13]

Film ini menampilkan tayangan internasional pertamanya di Festival Film Asia Dallas ke-10, di mana film ini diputar pada tanggal 17 Juli 2011.[5] Film ini kemudian dirilis di Singapura dengan judul bahasa Inggris From Me To You oleh distributor Golden Village Pictures dan Encore Films pada tanggal 6 Oktober 2011.[14]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Box Office Mojo". IMDb, Inc. Diakses tanggal 2011-10-12. 
  2. ^ a b "多部未華子と三浦春馬のW主演で映画化決定!少女漫画のベストセラー「君に届け」". Cinema Today (dalam bahasa Jepang). 2010-04-02. Diakses tanggal 2011-10-12. 
  3. ^ "Kimi ni Todoke on eiga.com". eiga.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2011-10-12. 
  4. ^ a b c 映画興行成績 :「海猿」が2週連続首位で30億円突破 邦画新作は「君に届け」に軍配. Mainichi Shimbun Digital Co.Ltd (dalam bahasa Jepang). 2010-09-28. Diakses tanggal 2011-10-12. 
  5. ^ a b "Live-Action Kimi ni Todoke to Be Screened in Dallas". Anime News Network. 2011-07-14. Diakses tanggal 2011-10-13. 
  6. ^ "Kimi ni Todoke Manga Gets Live-Action Film Green-Lit". Anime News Network. 2010-01-06. Diakses tanggal 2011-10-12. 
  7. ^ 多部未華子&三浦春馬、大ヒット漫画の実写映画化「君に届け」で初共演. eiga.com (dalam bahasa Jepang). 2010-04-02. Diakses tanggal 2011-10-12. 
  8. ^ "多部未華子 profile on Yahoo! Japan". Yahoo Japan Corporation. (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2011-10-12. 
  9. ^ 新垣結衣、『恋空』初日舞台挨拶で涙!. Oricon, Inc. (dalam bahasa Jepang). 2007-11-03. Diakses tanggal 2011-10-12. 
  10. ^ 「君に届け」 足利・八雲神社 「街の空気感」大切に. Shimotsuke Shimbun (dalam bahasa Jepang). 2010-12-07. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-11-12. Diakses tanggal 2011-10-13. 
  11. ^ a b 多部未華子&三浦春馬「君に届け」撮了に万感. eiga.com (dalam bahasa Jepang). 2010-06-08. Diakses tanggal 2011-10-15. 
  12. ^ "映画版「君に届け」主題歌をflumpoolが書き下ろし". Music Natalie (dalam bahasa Jepan). 2010-09-02. Diakses tanggal 2011-10-15. 
  13. ^ 多部未華子&三浦春馬「君に届け」初日に感動の大号泣. eiga.com (dalam bahasa Jepang). 2010-09-25. Diakses tanggal 2011-10-15. 
  14. ^ "From Me to You on inSing". SingTel Digital Media Pte Ltd. Diakses tanggal 2011-10-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]