Kilat-mentari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kilat-mentari
Aglaeactis

Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoApodiformes
FamiliTrochilidae
GenusAglaeactis
Gould, 1848

Aglaeactis adalah genus burung kolibri dalam keluarga Trochilidae . Dalam bahasa inggris, burung ini disebut sebagai "sunbeam" , dan secara harfiah berarti "kilat-mentari.

Gambar Nama Nama yang umum Distribusi
</img> Aglaeactis cupripennis Kilat-mentari kilau Kolombia, Ekuador, dan Peru
Aglaeactis aliciae Kilat-mentari sorot-ungu Peru
Aglaeactis castelnaudii Kilat-mentari rumbai-putih Peru
Aglaeactis pamela Kilat-mentari kerudung-putih Bolivia

Wilayah hunian kilat-mentari kilau dicirikan oleh wilayah pusat yang sangat dimanfaatkan dengan pemanfaatan keseluruhan yang tinggi, namun aktivitas mencari makan rendah. Wilayah ini biasanya terkait dengan kompleksitas struktural seperti tutupan kanopi, kepadatan vegetasi, dan lokasi bersarang/bertengger yang ideal. Ketinggian kanopi yang tinggi dan kepadatan vegetasi yang memadai memungkinkan burung kolibri ini mengirimkan sinyal pendengaran dan visual secara efektif. Tempat bertengger yang lebih terbuka dan tinggi biasanya disukai. Burung-burung ini memilih wilayah yang paling ideal untuk menghindari predator dan mempertahankan wilayahnya.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pavan, Lucas (2020). "Patterns of territorial space use by Shining Sunbeams (Aglaeactis cupripennis), tropical montane hummingbirds". Journal of Field Ornithology. 91: 1–12. doi:10.1111/jofo.12321.