Ki tenjo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ki tenjo
Anisoptera costata

Status konservasi
Genting
IUCN33166
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladmalvids
OrdoMalvales
FamiliDipterocarpaceae
GenusAnisoptera
SpesiesAnisoptera costata
Korth., 1841

Anisoptera costata , ki tenjo disebut pula mersawa daun lebar adalah spesies tumbuhan yang terancam punah dalam keluarga Dipterocarpaceae . [1] Julukan spesifik costata berarti "berusuk", mengacu pada venasi yang menonjol pada helaian daun. Pohon besar yang muncul hingga setinggi 65 m, ditemukan di hutan musim tropis dataran rendah yang selalu hijau dan semi-hijau di Indo-Burma dan di hutan campuran dipterocarpaceae di Malesia .

Keuntungan[sunting | sunting sumber]

Anisoptera costata, dan Dalvergia cochinchinesis merupakan spesies asli berumur enam tahun untuk strategi hutan tanaman guna meningkatkan biomassa, ekosistem hutan, pasokan kayu, dan sosial ekonomi. Pentingnya tujuan lingkungan dan keanekaragaman hayati dengan memperbaiki kondisi tanah di hutan.

  • Sifat kayunya kasar, sulit diubah menjadi furnitur, dan perkakas lainnya. Warnanya kuning, coklat muda, kuning coklat, dan coklat tua. Kayunya dapat digunakan sebagai struktur rangka, kolom, plafon, dan lantai.

Buah-buahan dan bunga[sunting | sunting sumber]

Buah atau kacang-kacangan Anisoptera costata mempunyai ukuran sayap yang lebarnya mengerucut, panjang sayapnya adalah 9-12 kali 1,4-1,8 cm, dan sayapnya lebih pendek: 1,2-1,5 kali 0,2-0,35 cm. Bunganya berwarna putih kuning, panjang 6 mm.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Nguyen, H.N.; Vu, V.D.; Luu, H.T.; Hoang, V.S.; Pooma, R.; Khou, E.; Nanthavong, K.; Newman, M.F.; Ly, V.; Barstow, M. (2017). "Anisoptera costata". 2017: e.T33166A2833752. doi:10.2305/IUCN.UK.2017-3.RLTS.T33166A2833752.en.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "iucn status 17 November 2021" didefinisikan berulang dengan isi berbeda