Kertas alas panggang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kertas perkamen untuk memanggang

Kertas alas panggang, perkamen sayur, atau kertas roti merupakan komposit berbahan dasar selulosa yang telah diproses untuk memberikan sifat tambahan seperti tidak lengket, tahan lemak, dan tahan terhadap kelembapan. Biasanya digunakan dalam memanggang sebagai permukaan antilengket dan tahan minyak sekali pakai. Berbeda dengan kertas lilin, yaitu kertas yang dilapisi lilin.

Beberapa merek kertas alas panggang memiliki lapisan silikon, yang menjadikan kertas tersebut lebih antilengket dan tahan panas. Kertas alas panggang yang berlapis silikon dapat digunakan kembali berkali-kali.

Selain digunakan untuk memasak dan membuat kue, kertas roti juga dapat digunakan untuk keperluan lain seperti kerajinan tangan dan pembungkus kado. Permukaan antilengketnya membuatnya mudah digunakan dan daya tahannya membuatnya dapat digunakan untuk banyak proyek.

Meskipun kertas alas panggang tahan panas, namun tidak tahan api. Ini tidak boleh terkena api langsung atau digunakan dalam pemanggang ayam pedaging atau pemanggang roti. Disarankan untuk selalu menggunakan kertas alas panggang sesuai dengan instruksi pabrik dan jangan pernah melebihi kisaran suhu yang disarankan.

Manufaktur[sunting | sunting sumber]

Perkamentasi kertas[sunting | sunting sumber]

Kertas alas panggang nabati dibuat dengan memasukkan lembaran bubur kertas ke dalam rendaman asam sulfat.[1] Metode yang mirip dengan cara pembuatan ini ialah kertas kalkir atau terkadang seng klorida. Proses ini melarutkan sebagian atau menjadikan kertas menjadi gelatin. Perlakuan ini membentuk bahan ikatan silang tersulfurisasi, dengan kepadatan tinggi, stabilitas, tahan panas, tahan lemak, tahan air, tidak ada serat lepas serta energi permukaan rendah — sehingga memberikan sifat antilengket atau pelepasan yang baik. [2] Kertas yang diolah memiliki tampilan yang mirip dengan perkamen dan, karena kekuatannya, kadang-kadang digunakan dalam dokumen hukum yang biasanya menggunakan perkamen.[3] Namun, kertas alas panggang dibuat dengan asam, dan memiliki pH rendah, sehingga tidak sesuai untuk dokumen arsip karena kertas bebas asam adalah pilihan yang lebih baik.

Aplikasi dalam memasak dan membuat kue[sunting | sunting sumber]

Kue keping coklat di atas kertas roti

Penggunaan yang umum adalah untuk menghilangkan kebutuhan untuk melumasi loyang dan sejenisnya, sehingga memungkinkan perputaran makanan yang dipanggang dengan sangat cepat dengan pembersihan minimal. Kertas alas panggang juga digunakan untuk memasak en papillote, suatu teknik di mana makanan dikukus atau dimasak dalam kantong tertutup yang terbuat dari kertas alas panggang.

Kertas alas panggang dapat digunakan di sebagian besar aplikasi yang memerlukan kertas lilin sebagai permukaan anti lengket. Hal sebaliknya tidak benar, karena penggunaan kertas lilin akan menimbulkan asap di dalam oven dan berdampak buruk pada rasa.[4]

Pengganti[sunting | sunting sumber]

Sifat anti-lengket juga dapat diperoleh dengan menggunakan kertas bersalut, yang mana zat pelepas yang sesuai — pelapis dengan energi permukaan rendah dan kemampuan menahan suhu yang terlibat dalam proses pemanggangan atau pemanggangan — diendapkan ke permukaan kertas; silikon (disembuhkan dengan katalis yang sesuai) sering digunakan.

Aplikasi lain[sunting | sunting sumber]

Kertas alas panggang juga memiliki sifat yang relevan untuk industri lain. Dalam industri tabung tekstil, lapisan luar kertas memberikan ketahanan yang diperlukan terhadap abrasi, panas, dan minyak. Di industri lain, kertas alas panggang digunakan sebagai bahan pembantu pemrosesan karena sifat pelepasannya, baik untuk pembuatan laminasi furnitur maupun vulkanisasi karet.

Pembuangan[sunting | sunting sumber]

Kertas roti terdiri dari serat selulosa dan oleh karena itu dianggap dapat dibuat kompos baik di lingkungan industri (EN13432) maupun di rumah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mayer, Ferdinand F (May 1860). "Technical Intelligence—Vegetable Parchment—Papyrene". The American Journal of Science and Arts. XXIX (LXXXVI): 278. 
  2. ^ "Silicone Coated Baking Sheets | Sierra Coating". Sierra Coating (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2016-02-19. 
  3. ^ "Blank Parchment Paper 135 GSM (Pack of 50)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-04-10. 
  4. ^ "Parchment Paper vs. Wax Paper". Martha Stewart. Diakses tanggal 2016-02-19.