Kerosene (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Kerosene"
Singel oleh Miranda Lambert
dari album Kerosene
DirilisSeptember 27, 2005
FormatCD Single
GenreCountry
Durasi3:05
LabelEpic
PenciptaMiranda Lambert
Steve Earle
ProduserFrank Liddell
Mike Wrucke
Video musik
"Kerosene" di CMT.com

Kerosene adalah judul lagu yang ditulis serta dan direkam oleh penyanyi Country Amerika Serikat Miranda Lambert. Rilis pada September sebagai single ketiga dari album yang berjudul sama, lagu itu mencapai posisi tertinggi di Billboard Hot Country Songs di peringkat 15. Lagu ini juga puncak di posisi 61 Billboard Hot 100.

Lagu ini diserftifikasi Gold oleh RIAA pada 6 Maret 2006.

Konten[sunting | sunting sumber]

"Kerosene" adalah sebuah lagu bertempo cepat diiringi dengan gitar elektrik dan harmonika. Sang narator, yang dikhianati oleh kekasihnya, lebih memilih balas dendam daripada diam begitu saja. Ia pun membalas dendam dengan membakar habis rumah sang kekasih dengan minyak tanah dan korek api.

Walaupun Lambert menulis sendiri lagunya, namun ia memberi kredit pada penyanyi Alt-Country Steve Earle setelah banyak yang mengatakan ada kemiripan antara lagu ini dengan "I Feel Alright" miliknya. Lambert menyatakan bahwa ia secara tidak sadar menjiplak melodi dan struktur lagu itu. "Saya tidak bermaksud untuk menjiplaknya, tetapi secara tidak sadar saya salin semua lagunya. Saya rasa itu efek saya terlalu sering mendengarkan lagu itu" ujarnya dalam sebuah wawancara.[1]

Video Musik[sunting | sunting sumber]

Video musik lagu ini ditangani oleh sutradara wanita Trey Fanjoy. Dalam video, Lambert membawa sekaleng minyak tanah dan sambil berjalan menumpahkan isinya sepanjang perjalanan dari rumah sang kekasih hingga akhirnya menemukan kekasihnya sedang bercumbu dengan wanita lain di tengah jalan. Lalu ia menghidupkan korek api, dan menjatuhkannya ke tanah, seketika itu api berkobar hingga menjalar ke arah rumah sang kekasih.

Prestasi Tangga Lagu[sunting | sunting sumber]

Kerosene debut di pada posisi 50 di tangga lagu Billboard Hot Country Songs minggu 15 Oktober 2005. Setelah 20 minggu, lagu ini peak di posisi 15, menjadikan single pertama Lambert di top 20.

Tangga lagu (2005-2006) Posisi
puncak
US Billboard Hot 100[2] 61
US Hot Country Songs (Billboard)[3] 15

Nominasi[sunting | sunting sumber]

CMT Music Awards

  • Breakthrough Video Of The Year - Kerosene(2006)[4]
  • Female Video Of The Year - Kerosene

ACM Awards

  • Video Of The Year - Kerosene (2006)[5]

CMA Awards

  • Music Video Of The Year - Kerosene (2006) [6]

Grammy Awards

  • Best Female Country Vocal Performance - Kerosene (2007)

Referensi[sunting | sunting sumber]