Lompat ke isi

Keris Sabuk inten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Keris Sabuk Inten

Pembuatan Keris Sabuk Inten bermula Keprihatinan Sang Raja Majapahit ketika menemukan bawahanya korupsi uang negara, raja bawahan memberontak dengan tidak mengirim upeti, hasil perdagangan menurun, zaman paceklik sehingga Kas negara dalam keadaan kosong.Di tengah keprihatinanya Sang Raja Memutuskan mencari Ki Supo atas usul penasihat raja. Setelah Ki Supo selesai bersemedi, Atas Petunjuk dewata, Ki Supo mulai mencari bahan keris seperti batu meteor dsb.kemudian menempa keris tersebut. Keris Tersebut adalah Keris Sabuk Inten. dengan Tujuan memingkatkan wibawa Raja, Kaya Raya,Mengumpulkan Kekayaan dari berbagai sumber serta mewarisi kekayaan untuk anak cucu, menjaga ketentraman negara seperti para bawahan dan raja bawahan mulai patuh. sumber pendapatan negara dari upeti negara bawahan meningkat, hasil perdagangan/perputran roda ekonomi meningkat pesat sehingga negara Majapahit damai, aman, tentram ekonomi meningkat.

Sabuk Inten Berpamor Pendaringan Kebak dan Bawang Sebungkul, Keris Ini Sangat Istimewa Sangat Utuh

Sabuk Atau Ikat Pinggang Adalah Lambang Kemulyaan Dan Kekuatan Kalau Sudah Dipakai Ikut Kemana Mana, Sulit Diambil Orang, Dan Menjadi Kuat Mengangkat Permasalahan Atau Beban Berat (Ekonomi, Keuangan Dll).

Keris sabuk inten Sangat Diminati Pejabat Tinggi, Pengusaha Besar, Karayawan Sipil Dan Swasta dan Kaum Kaya Raya Karena Keris Ini Menambah Kekayaan Dan Kekuasaan.

Biasanya Disandingkan Dengan keris nogososro, Atau Untuk Kaum Yang Mendang Mending Disandingkan Dengan Keris Kala Minsani, Ada Beberapa Juga Menyandingkan Dengan Keris Pasopati, Dan Pandawa Nigrat.

Tetapi Melihat Isoteik (Kebatinannya) Keris Sabuk inten yang Ini Sanggup Berdiri Sendiri Karena Punya Perlindungan Yang Cukup

Tujuan Lain Keris Sabuk inten antara lain yaitu Mempertahankan Kekayaan, Kelancaran Usaha,Membantu Mengembangkan Usaha,  Kelancaran Gegayuhan Cita Cita, Menaikkan Pangkat, Menaikan Jabatan, Mudah Dipercaya Masyarakat, Perlindungan,

Untuk Pamor Keris Sabuk inten bermacam-macam mulai wos wutah (beras muntah=banyak pangan), pendaringan kebak (banyak rejek=Kemudahan Rejeki, Kesejahtraan, Kemakmuran, Berkecukupan (Sandang, Pangan, Papan), Ketentraman Keluarga, Penolak Bala, Penolak Bencana, Penangkal Ilmu Sihir, Guna Guna, Santet, Teluhi), Bawang Sebungkul (Kehidupan Rumah Tangga Yang Rukun Dan Harmonis, Usaha Yang Berkembang Berlapis Mengurita Kemana Mana) Dll.


Sangking langka dan hebatnya keris sabuk inten, dulu dipuja sebagai dewa. dan juga ada beberapa tingkatan dalam keris