Keripik jamur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Keripik jamur merupakan keripik berbahan dasar jamur. Jamur yang biasa di gunakan adalah jamur tiram, jamur kuping dan jamur kancing.


Proses Pembuatan

Proses pembuatan keripik jamur setidaknya ada dua metode yakni goreng basah dan goreng kering. Keripik goreng basah dibuat dengan cara jamur tiram dicampur dengan adonan tepung basah, mirip dengan pembuatan keripik tempe atau keripik belut. Metode goreng kering adalah menggoreng jamur tiram dengan adonan tepung kering. Metode goreng basah memiliki kesulitan pada banyaknya kadar air. Hal ini menyebabkan permukaan luar keripik matang akan tetapi bagian dalam masih mentah. Sementara pada goreng kering adonan tepung sulit menempel pada jamur, sehingga keripik sangat mudah gosong.

metode lain adalah dengan 2 kali goreng, pada metode ini sehabis di goreng di diamkan 12 jam lalu di goreng lagi sehingga dihasilkan keripik yang crispy.

untuk tahan lama sehabis goreng di tiriskan dengan mesin peniris minyak, dengan begitu keripik bisa sangat awet bisa 6 bulan lebih menggunakan kemasan aluminimum foil.

bahkan di DewiJamur sudah mencoba dengan kemasan alumninium foil full 1 tahun di coba masih enak dan renyah, padahal tanpa pengawet.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. Keripik Jamur
  2. DewiJamur