Lompat ke isi

Kereta mini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wahana kereta mini
Masinis yang sedang menjalankan kereta mini

Kereta mini adalah wahana permainan berupa miniatur kereta api dengan skala besar yang dapat mengangkut penumpang. Umumnya kereta api yang digunakan merupakan versi miniatur dari lokomotif, kereta, atau gerbong berskala penuh (dapat ditenagai oleh mesin diesel atau bensin, uap penggerak, atau motor listrik).

Ringkasan

[sunting | sunting sumber]

Kereta mini biasanya memiliki lebar sepur antara 5 in (127 mm) dan di bawah 15 in (381 mm), meskipun baik lebar sepur yang lebih besar dan lebih kecil juga digunakan.

Pada sepur 5 in (127 mm) ke bawah, rel biasanya ditinggikan di atas permukaan tanah. Pada wahana jenis ini, masinis dan penumpang akan duduk di atas atap kereta/gerbong. Relnya sering kali memiliki lebar sepur yang berbeda-beda, untuk memuat 5 in (127 mm) ,3+12 in (89 mm), dan terkadang lokomotif sepur 2+12 in (64 mm).

Lebar sepur yang lebih kecil pada lokomotif juga memungkinkan sifatnya yang portabel dan umumnya selebar 3+12 in (89 mm)/5 in (127 mm) pada rel yang ditinggikan atau sepur 7+14 in (184 mm)/10+14 in (260 mm) pada rel di atas tanah. Biasanya rel portabel dapat digunakan untuk mengangkut penumpang pada acara-acara sementara seperti pesta dan pekan raya.[1]

Kereta mini biasanya dioperasikan oleh organisasi nirlaba - sering kali merupakan perkumpulan pemodel kereta api - meski dapat juga ditempatkan pada lahan milik pribadi dan dapat pula beroperasi secara komersial.

Perbedaan antara model kereta api, kereta mini, dan sepur sangat sempit

[sunting | sunting sumber]

Modell kereta api adalah wahana kereta api yang hanya dapat diamati dan terlalu kecil untuk dinaiki. Karena adanya sepur campuran, penumpang dapat menumpang kereta api mini yang menggunakan ukuran yang sama dengan, dan ditarik oleh, lokomotif model berukuran besar pada ukuran model yang lebih kecil, meskipun hal ini jarang terjadi.

'Kereta mini' adalah wahana permainan kereta api yang dapat dinaiki orang dan digunakan untuk kesenangan/sebagai hiburan bagi sang pembuat dan penumpangnya. Di Amerika Serikat, kereta mini juga disebut 'riding railways atau grand scale railways. Ukuran rel yang diakui sebagai rel kereta api mini berbeda-beda di setiap negara, tetapi di Britania Raya, ukuran maksimumnya adalah 350 mm (13+2532 in).[2]

Sepur sangat sempit yang umumnya dimulai pada 15 in (381 mm) adalah rel kereta api yang awalnya dirancang sebagai rel komersial dengan lintasan kecil, baik untuk perkeretaapian khusus seperti transportasi perumahan, industri, atau perkeretaapian umum, seperti Romney, Hythe and Dymchurch Railway, Fairbourne Railway atau Ravenglass dan Eskdale Railway .

Di Britania Raya, sepur 350 mm (13+2532 in) ke atas menjadi kriteria yang sudah ditetapkan oleh Kantor Jalan Raya dan Rel, yang rel jenis ini sudah tak lagi dianggap sebagai miniatur sehingga wajib memenuhi persyaratan teknis perkeretaapian umum maupun khusus.

Lebar sepur

[sunting | sunting sumber]

Ada lebih dari 1.000 kereta mini yang dapat dinikmati untuk umum di seluruh dunia, tidak termasuk kereta mini pribadi, dengan sepur 7+14 in (184 mm) paling banyak jumlahnya. Banyak tata letak memiliki jalur sepur ganda yang menyisir dua, tiga atau bahkan lebih lebar sepur yang berbeda.

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ EGMES. "East Grinstead Model Engineering Society". East Grinstead Model Engineers. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 January 2022. Diakses tanggal 12 February 2016. 
  2. ^ "Passenger-carrying miniature railways" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2020-02-17. Diakses tanggal 2020-02-17. 

Daftar pustaka

[sunting | sunting sumber]