Kereta kecepatan tinggi Zhengzhou-Xi'an

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bagian Zhengxi (Zhengzhou-Xi'an)
dari Kereta kecepatan tinggi Xulan (Xuzhou-Lanzhou)
徐兰高速铁路郑西段
Ikhtisar
JenisKereta kecepatan tinggi
StatusBeroperasi
LokasiHenan dan Shaanxi
TerminusStasiun Kereta Zhengzhou
Stasiun Kereta Utara Xi'an
Operasi
Dibuka6 Februari 2010
OperatorKereta kecepatan tinggi Tiongkok
Data teknis
Panjang lintas457 km (284 mi)
Lebar sepur1.435 mm (4 ft 8+12 in) sepur standar
Jari-jari lengkung terkecil7.000 meter
Kecepatan operasi350 km/h (217 mph)
Kereta kecepatan tinggi Zhengzhou-Xi'an
Hanzi sederhana: 徐兰高速铁路郑西段
Hanzi tradisional: 徐蘭高速鐵路鄭西段
Jalur Khusus Penumpang Zhengxi
Hanzi sederhana: 郑西客运专线
Hanzi tradisional: 鄭西客運專線
Fasad Utara Stasiun Kereta Utara Xi'an yang melayani jalur ini sejak 2011

Kereta kecepatan tinggi Zhengzhou-Xi'an, sering juga disebut Kereta penumpang Zhengxi, adalah jalur kereta berkecepatan tinggi yang dioperasikan oleh Kereta kecepatan tinggi Tiongkok yang menghubungkan Zhengzhou dengan Xi'an, yang mulai beroperasi pada 6 Februari 2010.

Jalur ini merupakan salah satu segmen dari Kereta kecepatan tinggi Xuzhou-Lanzhou, jalur rel utama kereta kecepatan tinggi Xuzhou-Lanzhou, yang membentang sejajar dengan jalur Kereta Longhai, yang sudah terlebih dahulu dibangun.

Koridor ini melintasi kawasan padat penduduk, karena keduanya merupakan kota pusat regional yang besar dan menjadi rumah bagi sekitar 100 juta jiwa. Kecepatan maksimumnya dirancang 350 km/jam, waktu tempuh yang dijadwalkan antara kedua kota adalah 1 jam dan 58 menit, namum dalam praktiknya, perjalanan memakan waktu lebih dari dua jam dengan beberapa perhentian di berbagai stasiun.[1]

Ketika jalur ini pertama kali dibuka, kereta berangkat dan tiba di Stasiun Kereta Xi'an. Setelah Stasiun Kereta Utara Xi'an dibuka (2011), semua layanan kereta kecepatan tinggi di Xi'an dialihkan ke stasiun ini. Sedangkan di Zhengzhou, baik Stasiun Kereta Zhengzhou maupun Stasiun Kereta Timur Zhengzhou, keduanya melayani kereta kecepatan tinggi dari Xi'an.

Jalur ini menggunakan kereta seri G dengan nomor G20xx, Zhengzhou-Xi'an menggunakan nomor ganjil dan arah sebaliknya bernomor genap. Dengan beroperasinya jalur kereta ini membuat layanan udara Zhengzhou-Xi'an menjadi terasa mahal. Semua penerbangan penumpang antar kedua kota sempat dihentikan operasionalnya selama hampir 2 bulan sejak dibukanya jalur kereta kecepatan tinggi reguler ini.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 中国中铁参建的郑西客运专线成功试运行 [Participation in China's Zhengzhou-Xi'an Railway Passenger successful test run]. ifeng.com. Phoenix New Media Group. February 1, 2010. 
  2. ^ "China express train forces airlines to stop flights". Reuters. 26 March 2010. Diakses tanggal 28 March 2010.