Kereta inspeksi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Kereta Inspeksi adalah Kereta/Rangkaian Kereta yang digunakan untuk inspeksi Pejabat Negara, Kementerian Perhubungan, Ditjen Perkeretaapian maupun PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Macam-Macam kereta Inspeksi di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Kereta Inspeksi Wijayakusma[sunting | sunting sumber]

KAIS Wijayakusuma dengan stripping lama

Merupakan KRD dengan nomor seri KD1-82201 yang digunakan untuk kereta inspeksi (KAIS). Biasanya digunakan untuk Pejabat/ Direksi dan Tamu Penting PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk inspeksi, dan juga bila Presiden akan bepergian menggunakan kereta api, KAIS inilah yang menjadi pembuka jalan kereta Kepresidenan. KAIS ini disimpan dan dirawat di Dipo Lokomotif Tanah Abang, Jakarta.

Rail One[sunting | sunting sumber]

Satu unik KRD Indonesia yang digunakan khusus untuk Presiden Indonesia maupun Pejabat Pemerintahan yang akan berkunjung ke wilayah tertentu untuk tujuan pemerintahan (inspeksi). Satu rangkaian terdiri dari 2 kereta.[1]

Kereta Inspeksi Sindoro-Semeru[sunting | sunting sumber]

Khusus digunakan untuk Pejabat Kementerian Perhubungan dalam melakukan suatu perjalanan inspeksi atau kedinasan. KAIS Sindoro seri S1-31101 dan Semeru I-09201, dengan DMU (Diesel Multiple Unit) buatan PT INKA, Madiun.

Spesifikasi KAIS Sindoro-Semeru

Spesifikasi Keterangan
Panjang 20 Meter
Lebar 2.9 Meter
Tinggi 3.5 Meter
Berat Kosong 46 Ton
Kecepatan Max 100 km/jam
Kapasitas Angkut 30 orang
Perlengkapan Kamera untuk memantau kondisi rel yang akan dilalui
GPS
Webcam untuk Teleconference
Mesin Bawah D2676LUE-LE621/ DIWA
Mesin Atas CAT C11 ACERT + Hydro-Mechanical Transmission

Kereta Inspeksi Sriwijaya[sunting | sunting sumber]

Milik Divisi Regional III Palembang dengan kode seri KD1 82202, hasil modifikasi dari MCW-302 dengan kapasitas angkut 30 orang. Interior depat terdapat kabin serta sofa, ruang tengah dengan multimedia dan meja panjang untuk rapat/makan. Livery yang digunakan sama seperti KAIS Wijayakusuma, hanya berbeda stripping yang berwarna emas.

Kereta Inspeksi Merbabu-Ciremai[sunting | sunting sumber]

Fungsinya hampir sama dengan KAIS Sindoro-Semeru.

Kereta Inspeksi Kedinasan[sunting | sunting sumber]

Terdiri atas 5 kereta dalam satu rangkaian yaitu Barito, Kapuas, Mahakam, Kahayan, dan Martapura. Nama kereta tersebut diambil dari nama-nama sungai di Kalimantan KAIS ini biasanya ditarik oleh CC300 ketika inspeksi oleh jajaran pemerintah pejabat Kementerian Perhubungan atau Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

Insiden[sunting | sunting sumber]

16 Juli 2014, sekitar pukul 23.45, KAIS Sindoro yang baru saja ditumpangi Wamenhub mobil crane di lintasan Desa Banjarkemantren, Buduran, Sidoarjo. Kejadian itu terjadi karena saat KAIS melintas dari arah selatan, palang pintu masih terbuka. Akibatnya, pengendara pun tidak mengetahui bahwa ada kereta yang melintas saat itu. Kecelakaan pun terjadi dan memakan 2 korban yaitu sang masinis dan seorang pengendara motor yang sedang melintas. Akhirnya, KAIS Sindoro yang rusak parah diganti dengan KAIS Kaldera Toba.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]