Kereta Api Oktober

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kereta cepat Sapsan melaju dari Moskwa menuju Sankt-Peterburg

Kereta Api Oktyabrskaya atau Kereta Api Oktober (bahasa Rusia: Октябрьская железная дорога) adalah anak perusahaan KAR, yang melayani jalur kereta api di barat laut Rusia. Ia membentang dari Terminal Leningrad di Moskwa hingga Murmansk di luar Lingkar Artik di utara. Total panjang jalurnya sekitar lebih dari 10,000 km. Kantor pusatnya berada di Sankt Peterburg.

Jalur kereta api pertama di Rusia yang menghubungkan Sankt Peterburg dengan Tsarskoye Selo, sepanjang 27.9 km ini mulai beroperasi pada tahun 1837 yang merupakan bagian dari Kereta Api Oktober. Begitu pula dengan Jalur kereta api Moskwa-Sankt Peterburg, salah satu jalur kereta api tersibuk dan tertua kedua di Rusia, yang dibuka pada tahun 1851, Jalur Penghubung non-penumpang pertama juga termasuk. Kereta api ini juga mencakup jalur utama menuju Tallinn (sampai perbatasan Estonia), ia juga menjadi penyedia jalur untuk kereta GoRail ke Sankt Peterburg.

Daftar jalur kereta api[sunting | sunting sumber]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Total panjang jalurnya adalah 10,378.4  km sampai 13323,762 km.[1][2]

Titik terbesarnya adalah Sankt Peterburg, tempat adminsitrasi kereta api berada. Semua jalur kereta api oktober kecuali jalur Svir-Murmansk dan Babaevo-Costa,[3] dialiri listrik dengan arus searah 3-kV. Jalur Svir-Murmansk dan Babaevo-Costa dialiri listrik dengan arus bolak-balik 25 kV. Transit Toksovo-Peri, arah Priozersk.

Jalur utama KAO diikuti jalur kereta api Nikolayevskaya yang bersejarah. Bagian yang lebih kecil mengikuti rute Vishera-Bourgas.

Jalur Oktober modern membentang dari utara ke selatan dari Murmansk ke Moskwa (lebih dari 2 ribu km), dengan lebih dari 900 km terletak di luar Lingkar arktik. Dalam sistem transportasi di wilayah Barat Laut Rusia, jalur kereta apinya bertanggung jawab atas 75% lalu lintas barang dan 40% lalu lintas penumpang. Untuk tahun 2009, jumlah pegawai KAO sebanyak 69,781 orang.[4] Untuk tahun 2010, struktur relnya meliputi 655 stasiun,[5] 31 depo lokomotif dan mobil (termasuk depo perbaikan, operasional, dan pergantian), 24 depo mobil (termasuk depo perbaikan dan pemeliharaan), 39 rel , 23 persinyalan, sentralisasi, interlocking, dan komuniskasi, 13 jarak elektrifikasi dan pasokan listrik, 11 jarak struktur sipil, pasokan air dan sanitasi, 3 penanganang kargo.[6] Kereta suburban Vyborg-Hiytola di pembagian Penjaga-Pemulihan.

Sehubungan dengan reformasi Kereta Api Rusia yang sedang berlanjut, jumlah subdivisi struktural dan namanya dapat berubah di masa yang mendatang. Misalnya, pada bulan Oktober Administrasi Kereta Api Oktober dengan populasi 2,702 orang, Direktorat Perbaikan Jalur Oktober berjumlah 5,098 orang, perusahaan yang memproduksi bahan untuk atas rel berjumlah 1,058 orang. Total ditarik 8,858 orang.[7]

Kepala KAO: Goloskokov Vladimir Nikolaevich (sejak bulan Januari 2016).

KAO melawati sebelas wilayah konstituen Federasi Rusia yaitu: Leningrad, Pskov, Novgorod, Vologda, Murmansk, Tver, Moskwa, wilayah Yaroslavl, Moskwa dan Sankt Peterburg, Karelia, dan sebagian melalui Estonia, Latvia, dan Belarus.

Gabungan transportasi barang melalui kereta api dan laut (termasuk ekspor-impor) dilakukan melalui pelabuhan Sankt Peterburg, Murmansk, Laut Putih (Kandalaksha, Vitino, Kem, Belomorsk) dan Bendungan Laut Putih-Baltik (di jalur Medvezhyegorsk-Belomorsk).

Transportasi penumpang suburban di jalurnya ditanggung oleh perusahaan penumpang suburban Barat Laut dan Moskwa-Tver.

Jalur kereta api utama "Sankt Peterburg-Moskwa" dari saat pembangunan hingga saat ini adalah salah satu arah paling tegang di Rusia. Pada tahun 1980-an, kepemimpinan URSS memutuskan untuk mengorganisir lalu lintas berkecepatan tinggi di sana. Hasilnya, rute dari Sankt Peterburg ke Moskwa menjadi jalur kereta api berkecepatan tinggi pertama dan satu-satunya di URSS.

Cabang jalur kereta api[sunting | sunting sumber]

Jalur Kereta Api Oktober Kecil (Jalur Kereta Api Malaya Oktyabrskaya) adalah jalur sepur sempit di Sankt-Peterburg yang beroperasi sejak tahun 1948. Stasiun yang ia lewati adalah Ozyornaya, Yuny, dan Pionerskaya. Ini adalah sebuah jalur kereta api kecil.[8]

Tren bisnis[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2009, Kereta Api Oktober mengangkut sebanyak 218,3 juta ton kargo, 181,6 juta orang (dalam komunikasi jarak jauh-22,1 juta orang, dalam transportasi suburban, 159,5 juta orang).[9]

Pada tahun 2011, jumlah penumpang yang dibawa melalui infrastruktur KAO lebih dari 134 juta 183 ribu orang, meningkat 1,4 juta penumpang dibanding tahun 2010. Dari jumlah tersebut, 118,6 juta penumpang dibawa dengan angkutan suburban, dalam jarak jauh-sekitar 17 juta penumpang.[10]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Октябрьская железная дорога — филиал ОАО «РЖД»
  2. ^ Обзор СМИ, радио и ТВ | Пресс-Центр
  3. ^ Северной железной дороги
  4. ^ Октябрьская железная дорога — филиал ОАО «РЖД»
  5. ^ RussoTrans | Справочник | Железные дороги :: Октябрьская железная дорога
  6. ^ Главная | Октябрьская ЖД
  7. ^ Итоги 2008 года | Октябрьская ЖД
  8. ^ "Малая Октябрьская железная дорога". Railways750.narod.ru. 1948-08-27. Diakses tanggal 2012-06-03. 
  9. ^ Октябрьская железная дорога — филиал ОАО «РЖД»
  10. ^ Новости Октябрьской дороги | Октябрьская ЖД