Kereta Api Kita-Osaka Kyuko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kereta Api Kita-Osaka Kyūkō
Logo

Peta sistem

Kita-Osaka Kyūkō Railway.JPG
Kereta seri 8000  milik Kita-Osaka Kyuko (antara Stasiun Momoyamadai dan Senri-Chūō)
WilayahPrefektur Osaka, Jepang
Tahun beroperasi1970–
Lebar sepur1.435 mm (4 ft 8 1⁄2 in)
Panjang5,9 km (3,7 mi)
Kantor pusatToyonaka, Jepang
Situs webhttp://www.kita-kyu.co.jp/

Kereta Api Kita-Osaka Kyuko (北大阪急行電鉄, Kita Ōsaka Kyūkō Dentetsu, harafiah "Kereta Api Ekspres Osaka Utara") (北大阪急行電鉄 Kita Ōsaka Kyūkō Dentetsu?, harafiah "Kereta Api Ekspres Osaka Utara") adalah sebuah operator kereta api di Osaka, Jepang. Jalur tunggalnya, secara resmi bernama Jalur Namboku (南北線, Namboku sen), dioperasikan sebagai perpanjangan dari Jalur Midōsuji dari Osaka Municipal Subway.

Kereta Api Kita-Osaka Kyuko (北大阪急行電鉄株式会社, Kita Ōsaka Kyūkō Dentetsu Kabushiki Kaisha), didirikan pada 11 Desember 1967, adalah sebuah anak perusahaan dari Hankyu Hanshin Holdings, Inc. berkantor pusat di 2-4-1, Terauchi, Toyonaka, Osaka. Kitakyu, singkatan yang sering disebutkan, juga memiliki berbagai macam properti komersial dan hunian di sepanjang jalurnya.

Stasiun di Jalur Kitakyu Namboku[sunting | sunting sumber]

No. Stasiun Jepang Jarak (km) Transfer Lokasi
M08 Senri-Chūō 千里中央 0.0 Jalur Utama Osaka Monorail Toyonaka Prefektur Osaka
M09 Momoyama-dai 桃山台 2.0 Suita
M10 Ryokuchi-kōen 緑地公園 4.0 Toyonaka
M11 Esaka 江坂 5.9 Osaka Municipal Subway Jalur Midōsuji Suita

Jalur sebelumnya[sunting | sunting sumber]

Kendaraan penggerak[sunting | sunting sumber]

Kereta Kita-Osaka Kyuko seri 9000 (antara Stasiun Momoyamadai dan Senri-Chūō)
  • Seri 8000 (sejak 1987)
  • Seri 9000 (sejak 28 April 2014)

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jalur dibuka pada 24 Februari 1970, untuk menghubungkan terminus utara dari Jalur Midōsuji, Stasiun Esaka, dengan lokasi pelaksanaan Expo '70. Jalur Expo ditutup pada 14 September, dan jalur diarahkan menuju terminus bawah tanah baru di Stasiun Senri-Chūō.

Takeo Miki, yang kemudian menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan Internasional, menjembatani perjanjian bersama pembangunan jalur kereta api antara Kota Osaka dengan Kereta Api Hankyu. Meskipun jalur ini pada awalnya diharapkan menjadi perpanjangan langsung dari Jalur Midosuji, pemerintah kota tidak mampu membiayai pengembangan secara independen, karena melebihi wilayah kota, sehingga menimbulkan permasalahan di pengembangan dan pembiayaan.

Jalur antara Senri-Chuo dan Taman Expo dihapuskan selesai Expo, dan dialihkan menjadi bagian dari Jalur Ekspres Chugoku.

Sejak akhir tahun 1980an terdapat rencana untuk memperpanjang jalur sepanjang 2,5 km ke arah utara dari Senri-Chuo ke sebuah stasiun baru di kota Minoh. Pemerintah kota Minoh bertukar surat dengan pihak Hankyu dan Kitakyu mengenai studi kelayakan perpanjangan rute pada tahun 2011, dan pemerintah Prefektur Osaka bergabung dengan nota kesepahaman empat pihak pada tahun 2012. Perpanjangan ini belum dimulai dan dibiayai.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]