Kereta Api Hankyu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kereta Api Hankyu
HankyuNakatsuSta.jpg
Bagian rel enam jalur di dekat terminal jalur Umeda. Stasiun
Nakatsu ada di tengah
WilayahKansai region, Jepang
Tahun beroperasi1910 (didirikan tahun 1907)–
Lebar sepur1.435 mm (4 ft 8 12 in)
Panjang138,4 km
Kantor pusatOsaka, Jepang
Situs webhttp://rail.hankyu.co.jp/

Hankyu Corporation (阪急電鉄株式会社, Hankyū Dentetsu Kabushiki Kaisha) (阪急電鉄株式会社 Hankyū Dentetsu Kabushiki Kaisha?) adalah sebuah operator kereta api swasta Jepang yang menyediakan layanan komuter dan antar kota menuju wilayah Kansai utara dan salah satu bisnis utama yang dioperasikan oleh Hankyu Hanshin Holdings, Inc. Terminal utama kereta api ini adalah Stasiun Umeda di Osaka. Warna penanda bagi gerbong Hankyu adalah merah marun.[1]

Jaringan Hankyu melayani sekitar 1.950.000 penumpang setiap hari kerja dan menawarkan beberapa jenis layanan cepat terbatas tanpa biaya tambahan.

Kantor pusat Hankyu Hanshin Holdings, Inc. dan Hankyu Corporation adalah di 1-16-1, Shibata, Kita-ku, Osaka; kedua perusahaan memiliki kantor terdaftar di 1-1, Sakaemachi, Ikeda, Prefektur Osaka.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Stasiun Umeda pada hari peresmian

Pendirian[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1907, Perusahaan Kereta Trem Listrik Minoo Arima (箕面有馬電気軌道株式会社, Minoo Arima Denki Kidō Kabushiki Gaisha), sebuah pendahulu dari Hankyu Hanshin Holdings, Inc., didirikan oleh Ichizō Kobayashi. Pada 10 Maret 1910, Kereta Trem Minoo Arima membuka jalur kereta api dari Umeda menuju Takarazuka (Jalur Utama Takarazuka) dan dari Ishibashi menuju Minoo (Jalur Minoo).

Perluasan ke Kobe[sunting | sunting sumber]

Pada 4 Februari 1918, Kereta Trem Minoo Arima diganti namanya menjadi Perusahaan Kereta Api Hanshin Kyūkō
(阪神急行電鉄株式会社, Hanshin Kyūkō Dentetsu Kabushiki Gaisha, referred to as "Hankyū", 阪急). Pada 16 Juli On Juli 1920, Jalur Utama Kobe dari Jūsō menuju Kobe (kemudian diganti namanya menjadi Kamitsutsui) dan Jalur Itami dari Tsukaguchi menuju Itami dibuka. Pada 1 April 1936, Jalur Utama Kobe Main diperpanjang dari Nishi-Nada (sekarang: Ōji-kōen) menuju terminal baru di Kobe (saat ini: Stasiun Kobe-Sannomiya), dan Jalur Utama Kobe dari Nishi-Nada menuju Kamitsutsui diganti namanya menjadi Jalur Kamitsutsui, yang ditinggalkan pada 20 Mei 1940.

Pada tahun 1936, Hankyu mendirikan sebuah tim bisbol professional dan pada tahun 1937, Stadion Nishinomiya yang menjadi kandang bagi tim selesai dibangun dan berada di dekat Stasiun Nishinomiya-Kitaguchi. The Hankyu Braves (Nama pada tahun 1947) bermain hingga musim 1988 dan menjadi pendahulu bagi Orix Buffaloes saat ini.

Penggabungan dan pemisahan dengan Keihan[sunting | sunting sumber]

Pada 1 Oktober 1943, di bawah perintah dari pemerintah, Hanshin Kyūkō dan Kereta Listrik Keihan digabungkan dan diganti namanya menjadi Perusahaan Kereta Api Keihanshin Kyūkō
(京阪神急行電鉄株式会社, Keihanshin Kyūkō Dentetsu Kabushiki Gaisha, disingkat sebagai "Keihanshin", 京阪神). Jalur yang digabungkan meliputi Jalur Utama Keihan, Jalur Uji, Jalur Shinkeihan (saat ini Jalur Utama Kyoto), Jalur Senriyama (saat ini Jalur Senri), Jalur Jūsō (bagian dari Jalur Utama Kyoto), Jalur Arashiyama, Jalur Keishin dan Jalur Ishiyama Sakamoto. Jalur Katano juga ditambahkan pada tahun 1945.

Pada 1 Desember 1949, Jalur Utama Keihan, Jalur Katano, Jalur Uji, Jalur Keishin, dan Jalur Ishiyama-Sakamoto dipisahkan untuk menjadi bagian dari PT. Kereta Listrik Keihan, Ltd yang baru dibentuk. Meskipun ini merupakan pembentukan kembali dari Kereta Listrik Keihan yang lama, Keihan yang sekarang lebih kecil dibandingkan sebelum penggabungan tahun 1943, karena Jalur Shinkeihan dan percabangannya tidak dikembalikan oleh Keihanshin. Struktur jaringan Hankyu saat ini dengan tiga jalur utama dipastikan dengan transaksi ini. Singkatan dari Kereta Api Keihanshin Kyūkō diganti dari "Keihanshin" menjadi "Hankyū".

Perkembangan pasca perang[sunting | sunting sumber]

Gerbon Seri 610, dibangun tahun 1953-56

Pada 7 April 1968, Jalur Utama Kobe memulai layanan langsungnya menuju Jalur Tozai milik Kereta Api Transit Cepat Kobe dan Jalur Utama Kereta Listrik Sanyo. Pada 6 Desember 1969, Jalur Utama Kyoto dan Jalur Senri mulai memberikan layanan menuju Jalur Sakaisuji milik Osaka Municipal Subway. Pada tahun 1970, Jalur Senri menjadi salah satu rute akses menuju Expo '70 yang diadakan di wilayah Senri.

Pada 1 April 1973, Perusahaan Kereta Api Keihanshin Kyūkō mengganti namanya menjadi Hankyu Corporation (阪急電鉄株式会社, Hankyū Dentetsu Kabushiki Gaisha).

Pada 1 April 2005, bekas Hankyu Corporation menjadi sebuah perusahaan induk dan diganti namanya menjadi Hankyu Holdings, Inc. (阪急ホールディングス株式会社, Hankyū Hōrudhingusu Kabushiki Gaisha) (阪急ホールディングス株式会社 Hankyū Hōrudhingusu Kabushiki Gaisha?). Bisnis kereta api dialihkan kepada sebuah naka perusahaan, yang kemudian diberi nama Hankyu Corporation (sebelum restrukturisasi, perusahaan baru menggunakan bekas perusahaan tidak aktif yang didirikan pada 7 Desember 1989 yang bernama "Act Systems" (株式会社アクトシステムズ) hingga 28 Maret 2004, kemudian diganti namanya menjadi "Hankyū Dentetsu Bunkatsu Junbi K.K." (阪急電鉄分割準備株式会社) sejak hari berikutnya).

Pada 1 Oktober 2006, Hankyu Holdings menjadi perusahaan induk pemilik penuh dari Perusahan Kereta Listrik Hanshin dan perusahaan induknya berganti nama menjadi Hankyu Hanshin Holdings, Inc.. Pembelian saham Hanshin oleh Hankyu selesai pada 20 Juni 2006.[2]

Jalur rel[sunting | sunting sumber]

Peta jalur Hankyu

Hankyu mengoperasikan tiga jalur utama, masing-masing menghubungkan Osaka dengan Kobe, Takarazuka dan Kyoto, serta pecabangannya.

Kereta Penggerak[sunting | sunting sumber]

Pada 31 Maret 2010, Hankyu memiliki 1.319 gerbong untuk layanan penumpang.[3] Gerbong standard memiliki tiga pasang pintu dan bangku yang menghadap ke bagian tengah gerbong. Jalur Kobe dan Tarazuka menggunakan armada yang sama. Beberapa gerbong bekas Hankyu, seperti Seri 2000 dan 3100, dipindahkan ke Kereta Api Listrik Nose.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 会社概要 (dalam bahasa Japanese). Osaka, Japan: Hankyu Corporation. 2002. Diakses tanggal Nov 9, 2012. 
  2. ^ "UPDATE 2-Hankyu takes over fellow railway operator Hanshin". Reuters. 2006-06-20. Diakses tanggal 2006-06-20. 
  3. ^ Hankyu Corporation Toshikōtsū-jigyō-honbu Gijutsu-bu. 車両総説 [General information on rolling stock]. The Railway Pictorial (dalam bahasa Japanese). Tokyo: Denkisha Kenkyūkai Tetsudōtosho Kankōkai. 837 (August 2010 Extra): 50. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]