Kepiting saus tiram

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kepiting saus tiram
SajianMakanan utama
Tempat asalTiongkok
DaerahAsia Timur dan Asia Tenggara meliputi: Indonesia, Filipina,
Dibuat olehMasakan Tiongkok
Suhu penyajianPanas
Bahan utamaKepiting yang disajikan dengan saus tiram, bawang, jahe dan daun bawang
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Kepiting saus tiram adalah sebuah hidangan makanan laut dari Tiongkok yang terdiri dari kepiting yang disajikan dengan siraman saus tiram. Masakan ini adalah masakan populer di Asia, yang dapat ditemukan di Tiongkok, Indonesia dan Filipina.[1]

Asal mula[sunting | sunting sumber]

Hidangan kepiting saus tiram dapat dirunut asal-mulanya ke tradisi hidangan hidangan Kanton di bagian selatan Tiongkok, tepatnya setelah diciptakannya saus tiram pada akhir abad ke-19. Di Indonesia, kepiting saus tiram adalah salah satu dari dua cara memasak kepiting yang paling populer. Hidangan ini adalah masakan boga bahari populer dalam hidangan Tionghoa Indonesia.[2]

Bahan[sunting | sunting sumber]

Jenis kepiting yang paling sering digunakan di dalam resep ini adalah kepiting lumpur, meskipin demikian rajungan juga dapat digunakan.

Kepiting dipotong menjadi beberapa potongan dan ditumis sebentar di dalam wajan dengan api yang kuat. Penumisan menggunakan minyak goreng, air, bawang putih, jahe, bawang bombai dan daun bawang, dicampur saus tiram, kecap asin, ang ciu (arak masak China) dan gula. Saus ini kemudian dikentalkan dengan menggunakan campuran tepung maizena dan air. Rasa umami gurih) khas boga bahari dalam saus tiram cenderung meningkatkan cita rasa alami kepiting.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Manny Montala (5 January 2014). "Crabs in Oyster Sauce". Panlasang Pinoy. Diakses tanggal 28 May 2014. 
  2. ^ Gesti Arma (20 May 2013). "Resep Lezat Kepiting Saus Tiram ala Rumahan". Merdeka. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 September 2013. Diakses tanggal 28 May 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]