Kepe-kepe sisik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kepe-kepe sisik
Chaetodon xanthurus

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN165656
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoChaetodontiformes
FamiliChaetodontidae
GenusChaetodon
SpesiesChaetodon xanthurus
Bleeker, 1857

Ikan kepe-kepe sisik ( Chaetodon xanthurus ), juga dikenal sebagai ikan kepe-kepe ekor kuning, atau tetapeh Filipina adalah spesies ikan laut bersirip pari, ikan kupu-kupu yang termasuk dalam famili Chaetodontidae .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kepe-kepe sisik dapat tumbuh hingga panjang standar 15 sentimeter (5,9 in) tanpa perbedaan mencolok antara pria dan wanita. Tubuhnya berwarna putih mutiara dan sisiknya memiliki tepi hitam, sehingga sisi-sisinya memiliki pola yang lebih bergaris silang dibandingkan dengan tanda pangkat yang jelas pada spesies terkait. Bagian belakangnya berwarna kuning jingga, pangkal sirip ekor berwarna putih. Kepalanya lebih gelap daripada tubuhnya dan memiliki pola khas garis keturunannya, terdiri dari garis mata hitam vertikal dan bintik mahkota berbingkai hitam putih. [2]

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Kepe-kepe ditemukan di atau sekitar terumbu di kawasan Indo-Pasifik tengah dari Indonesia dan Filipina di utara hingga Kepulauan Ryukyu . [3]

Ekologi di alam liar dan akuarium[sunting | sunting sumber]

Ikan kepe-kepe sisik merupakan spesies diurnal dan biasanya ditemukan pada kedalaman di bawah 6 meter (20 ft) . Mereka ditemukan di lereng dan jurang terumbu karang bagian luar hingga ke pantai yang bersih, sering kali di sekitar karang Acropora staghorn. Ikan ini memiliki temperamen yang damai dan di alam liar ditemukan sendirian, berpasangan, atau dalam kelompok kecil, namun mereka bersifat teritorial terhadap spesies yang tampak serupa dan mungkin mengganggu mereka. Karena warnanya yang menarik, kepe-kepe sisik merupakan ikan akuarium yang terkenal. Akuarium 50 galon adalah ukuran minimum yang direkomendasikan untuk mereka, dengan suhu air antara sekitar 74 dan 80° F. Meskipun terkadang mereka bisa menjadi agresif, mereka adalah teman seakuarium yang lembut dan damai yang dibutuhkan agar ikan ini dapat berkembang di akuarium. Mereka mungkin cocok dengan ikan kupu-kupu lain yang memiliki corak warna berbeda, namun tidak ada jaminan hubungan mereka akan selalu damai. Saat menambahkan lebih dari satu ke dalam akuarium, mereka harus ditambahkan secara bersamaan, dan banyak " batuan hidup " dengan tempat berlindung yang tersedia untuk mereka sembunyikan membantu mengurangi stres.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Myers, R.F.; Pratchett, M. (2010). "Chaetodon xanthurus". 2010: e.T165656A6082636. doi:10.2305/IUCN.UK.2010-4.RLTS.T165656A6082636.en. 
  2. ^ Froese, Rainer and Pauly, Daniel, eds. (2019). "Chaetodon xanthurus" di situs FishBase. Versi April 2019.
  3. ^ Froese, Rainer and Pauly, Daniel, eds. (2019). "Chaetodon xanthurus" di situs FishBase. Versi April 2019.