Kening-merah (burung)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kening-merah
Acanthis

Common redpoll in Oulu, Finland
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliFringillidae
GenusAcanthis
Borkh., 1797
Tata nama
Sinonim taksonCarduelis
Species
Acanthis flammea

Acanthis cabaret

Acanthis hornemanni
Distribusi

Kening-merah (genus Acanthis ) (di Inggris Raya juga secara historis dikenal sebagai redpoles ) [1] [2] adalah sekelompok burung pengicau kecil dalam keluarga finch Fringillidae, yang memiliki ciri khas tanda merah di kepalanya. Mereka ditempatkan dalam genus Acanthis .[3] [4] Nama genus Acanthis berasal dari bahasa Yunani Kuno akanthis, nama untuk burung kecil yang sekarang tidak dapat diidentifikasi. [5]

Semua burung kening-merah adalah spesies hutan yang berkembang biak di utara, berasosiasi dengan pohon birch (walaupun ada populasi pendatang di belahan bumi selatan, di Selandia Baru, dan pulau-pulau subantartika di dekatnya). Mereka adalah burung kecil, berwarna coklat atau abu-abu kecokelatan di bagian atas dan dengan bercak merah di dahi. Dada jantan dewasa berwarna merah, tetapi pada betina dan burung muda, dada dan perut berwarna putih diberi garis-garis coklat. Paruhnya kecil dan berwarna kuning. Beberapa burung, terutama yang masih muda, sulit dikelompokkan ke dalam spesies.

Mereka terutama pemakan biji-bijian, dan sering makan secara akrobatik seperti burung gelatik batu, makanan mereka mungkin mencakup beberapa serangga di musim panas. Mereka memiliki lagu yang kering dan seruan metalik. Mereka bertelur empat hingga tujuh telur di sarang di pohon atau, dalam kasus kening-merah Arktik, di semak besar. Mereka dapat membentuk kelompok besar di luar musim kawin, terkadang bercampur dengan burung kutilang lainnya.

Spesies[sunting | sunting sumber]

Pria Perempuan Nama yang umum Nama ilmiah Subspesies Distribusi
</img> </img> Kening-merah Arktik Acanthis hornemanni Greenland dan wilayah tetangga Kanada
</img> </img> Kening-merah biasa Acanthis flammea Amerika Utara dan Palearktik
</img> </img> Kening-merah kecil Acanthis cabaret awalnya Irlandia, sebagian besar Inggris Raya, dan Pegunungan Alpen; Kisarannya telah menyebar luas ke seluruh Eropa tengah dan utara dalam beberapa dekade terakhir

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Oxford English Dictionary, Vol Q-R. Oxford University Press. 1971. hlm. 310. 
  2. ^ Montagu, George (1831). Ornithological Dictionary of British Birds (edisi ke-2nd). London: Hurst, Chance and Co. hlm. 409–411. Diakses tanggal 12 March 2016. 
  3. ^ Arnaiz-Villena, Antonio; Alvarez-Tejado M.; Ruiz-del-Valle V.; García-de-la-Torre C.; Varela P; Recio M. J.; Ferre S.; Martinez-Laso J. (1998). "Phylogeny and rapid Northern and Southern Hemisphere speciation of goldfinches during the Miocene and Pliocene Epochs" (PDF). Cellular and Molecular Life Sciences. 54 (9): 1031–1041. doi:10.1007/s000180050230. PMID 9791543. 
  4. ^ Zuccon, Dario; Prŷs-Jones, Robert; Rasmussen, Pamela C.; Ericson, Per G.P. (2012). "The phylogenetic relationships and generic limits of finches (Fringillidae)" (PDF). Molecular Phylogenetics and Evolution. 62 (2): 581–596. doi:10.1016/j.ympev.2011.10.002. PMID 22023825. 
  5. ^ Jobling, James A. (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London, United Kingdom: Christopher Helm. hlm. 29. ISBN 978-1-4081-2501-4.