Kematian Socrates

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kematian Socrates
David - The Death of Socrates.jpg
Seniman Jacques-Louis David
Tahun 1787 (1787)
Medium Minyak di kanvas
Ukuran 129.5 cm × 196.2 cm (510 in × 772 in)
Lokasi Museum Seni Metropolitan, New York

Kematian Socrates (bahasa Perancis: La Mort de Socrate) adalah lukisan minyak karya pelukis Perancis Jacques-Louis David. Lukisan yang dibuat pada tahun 1787 ini menggambarkan kisah penghukuman mati Socrates seperti yang diceritakan oleh Plato dalam tulisannya yang berjudul Phaedo.[1][2] Menurut kisah ini, Socrates dinilai telah merusak pikiran para pemuda di Athena dan ketiadaan rasa hormat kepada para dewa, sehingga ia dijatuhi hukuman mati dengan meminum secangkir minuman beracun. Socrates menggunakan kematiannya sebagai pelajaran terakhir untuk para muridnya daripada melarikan diri, dan menghadapi cobaan ini dengan tenang[1]

Di dalam lukisan ini, terdapat seorang tua yang mengenakan jubah putih yang sedang duduk di atas tempat tidur. Salah satu tangannya memegang sebuah cangkir, sementara yang lain diangkat ke udara. Ia dikelilingi oleh laki-laki dengan usia yang berbeda, dan sebagian besar merasa sedih atau meratap, tidak seperti si laki-laki tua itu. Seorang laki-laki muda yang menyerahkan secangkir minuman beracun kepadanya melihat ke arah lain. Satu pemuda lainnya memegang paha si laki-laki tua. Seorang laki-laki tua yang lain tampak sedang terduduk di sebelah ujung tempat tidur dan sedang termenung. Di sebelahnya terdapat laki-laki lain yang sedang meratap serta beberapa orang yang berada di latar belakang.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b De Nanteuil, Jacques-Louis David,64.
  2. ^ Lajer-Burcharth, Necklines,57.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Bordes, Philippe. “David: Paris and Versailles.” The Burlington Magazine' 132, no. 1043 (Feb. 1990): 154–156.
  • De Caso, Jacques. “Jacques-Louis David and the Style 'All' antica'.” The Burlington Magazine 114, no. 835(Oct.1972):686-690.
  • De Nanteuil, Luc. Jacques-Louis David. New York: Harry N. Abrams, Inc., 1990.
  • Lajer-Burcharth, Ewa. Necklines: The Art of Jacques-Louis David after the Terror. New Haven: Yale, 1999.
  • Maleuvre, Didier. “David Painting Death.” Diacritics' 30, no. 3 (Fall 200): 1–27.
  • Plato, Eva T. H. Brann, Peter Kalkavage, Eric Salem . Phaedo. Focus Publishing/R. Pullins: Bloomington,1998.
  • Vidal, Mary. “David among the Moderns: Art, Science, and the Lavoisiers.” Journal of the History of Ideas56, no. 4 (Oct. 1995):595–623.