Terwelu jawa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kelinci jawa)
Terwelu jawa[1]
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
L. nigricollis
Nama binomial
Lepus nigricollis
F. Cuvier, 1823
Peta persebaran
(hijau untuk wilayah asli, merah untuk tempat diperkenalkan, abu-abu tua untuk asal yang tidak pasti)

Terwelu Jawa (Lepus nigricollis) adalah terwelu asal Indonesia. Habitat Terwelu Jawa berada di hutan-hutan berbatu/karang sekitar wilayah Jawa Barat . Terwelu ini juga terdapat di India. Habitat Terwelu Jawa adalah dataran tinggi berbatu. Berat Terwelu Jawa dewasa bisa mencapai 6 kg. Panjang badannya mencapai 40 cm. Warna rambutnya kelabu cokelat kekuningan. Terwelu Jawa dapat hidup 5 sampai 10 Tahun, terwelu jenis ini dalam setahun bisa 7 kali bunting,dengan jumlah anak rata-rata 6 sampai 12 ekor. Terwelu Jawa relatif lebih kebal dengan berbagai penyakit karena sudah beradaptasi dengan iklim yang ada di negara kita dan perkembang biakannya sangat cepat sekali dibandingkan dengan kelinci impor karena hidup di iklim tropis. Terwelu Jawa relatif bebadan kecil dan berbulu tidak terlalu lebat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hoffmann, Robert S. (2005-11-16). Wilson, D. E., and Reeder, D. M. (eds), ed. Mammal Species of the World (edisi ke-3rd edition). Johns Hopkins University Press. hlm. 201. ISBN 0-8018-8221-4. 
  2. ^ Lagomorph Specialist Group (1996). Lepus nigricollis. 2006 IUCN Red List of Threatened Species. IUCN 2006. Diakses 2006-12-27.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]