Kelinci Fuzzy Lop

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kelinci Fuzzy Lop adalah salah satu jenis kelinci yang berasal dari Indonesia. Bentuk penampilannya mirip dengan kelinci Holland Lop akan tetapi bulunya panjang menyerupai kelinci English Angora atau kelinci American Fuzzy Lop.

Negara asal Indonesia
Fungsi Sebagai hewan peliharaan
Berat 3-4 pon (1.4 - 1.8 Kg)
Warna bulu Solid dan kombinasi beberapa warna
Angka harapan hidup 5 - 8 tahun
Bentuk telinga Telinga terkulai (lop)
Bulu Panjang
Kelinci Fuzzy Lop

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tidak diketahui secara pasti sejarah pembentukan ras kelinci Fuzzy Lop ini. Akan tetapi latar belakang dari pengembangan kelinci Fuzzy Lop ini sangat erat kaitannya dengan kelinci Holland Lop dan kelinci English Angora. Kedua jenis kelinci tersebut sengaja didatangkan dari Amerika oleh para peternak kelinci di Indonesia. Diduga kuat bahwa terbentuknya ras kelinci Fuzzy Lop merupakan hasil kawin silang antara kelinci Holland Lop dengan kelinci English Angora.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Kelinci Fuzzy Lop memiliki penampilan yang lucu dan menarik sehingga para peternak kelinci di Indonesia mengembangkannya dengan tujuan untuk hoby sekaligus untuk dijual kepada para pecinta hewan peliharaan. Kelinci Fuzzy Lop termasuk dalam kategori kelinci hias. Kelinci Fuzzy Lop memiliki bentuk telinga yang terkulai (lop) menyerupai kelinci Holland Lop, sedangkan bulunya panjang menyerupai kelinci English Angora atau kelinci American Fuzzy Lop. Berat dewasa kelinci Fuzzy Lop antara 3-4 Lbs (1.4 - 1,8 Kg).

Karakternya yang lucu dan menarik menjadikan kelinci ini sebagai salah satu kelinci hias yang paling populer di kalangan pecinta kelinci. Kelinci ini juga sering diperlombakan pada berbagai acara kontes kelinci American Rabbit Breedera Association (ARBA) yang diselenggarakan di Indonesia dalam kelas breed lokal. Arba merupakan asosiasi para peternak kelinci di Amerika yang sering dijadikan acuan oleh peternak kelinci Indonesia dalam hal penyelenggaraan perlombaan kelinci.


Referensi[sunting | sunting sumber]