Keju Leiden

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Potongan keju Leyden

Leiden', dari Bahasa Belanda: Leidse Kaas, adalah keju buatan Belanda dari susu sapi yang dibumbui jintan putih. Dibuat di pabrik-pabrik dan peternakan, bersejarah di daerah Leiden.

Leidse Kaas adalah jenis yang paling umum dari komijnekaas - keju dengan bahan jintan - di Belanda.

Keju ini bulat dan datar seperti Keju Gouda, tetapi dibuat dengan tepi tajam di satu sisi dan kurang bulat di sisinya. Keju ini memiliki persentase lemak rendah (30 sampai 40%). Berat keju bervariasi dari 3 kg sampai 9 kg.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Di peternakan, sekitar 5% dadih ditambahkan ke dalam susu dan sudah diatur dengan rennet pada suhu 82-86 °F (28-30 °C). Sekitar 30 menit kemudian, dadih dipotong, diaduk, dan dihangatkan sampai sekitar 92 °F (33 °C) dengan menuangkan air dadih panas. Dadih dicelupkan dengan kain dan diremas. Biji jintan putih ditambahkan ke dalam dadih, kemudian dimasukkan ke dalam kain berlapis membulat tiga lapisan, dengan bumbu dadih sebagai lapisan tengah. Keju ditekan selama tiga jam, lalu kain diganti, dibalik, dan sekali lagi ditekan semalaman. Dapat diasinkan dengan garam dapur atau mungkin direndam dalam air garam. Setelah itu diawetkan dalam ruang bawah tanah yang dingin dan lembap. Jika kulit terlalu keras, dapat dibasuh dengan air dadih atau air asin.

Keju ini diproduksi di peternakan terutama dari daerah Leiden.

Peternakan tradisional yang membuat Leidse Kaas mendapatkan Perlindungan Indikasi Asal bernama Boeren-Leidse met sleutels.

Analisis: Kelembapan 40,6%, lemak 13,5% dan protein, 37,3%.