Kedungrejo, Purwodadi, Grobogan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kedungrejo adalah desa di Kecamatan Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah, Indonesia. terdiri dari 7 dusun dan 7 RW yaitu Ngrebo, Nglencong, Kedungrejo, Pelang, Nglinggo, Kedung jago dan Nggeneng.Di daerah ini terdapat pondok pesantren yang berlokasi didusun ngrebo.


Kedungrejo adalah sebuah desa yang cukup besar yang terletak di Kecamatan Purwodadi dengan luas wilayah sekitar 645.5 km² dan jumlah penduduk 6.023 (14% dari jumlah penduduk di Kecamatan Purwodadi). Terletak di pinggiran Kota Purwodadi sekitar 2 km dihitung dari jalan utama penghubung pusat desa ke pusat kota. Kedungrejo adalah desa penghasil padi dan jagung terbesar di Kabupaten Grobogan dengan luas areal pertanian hampir 50% dari luas wilayah desa. Sehingga tak heran lagi jika sumbangan desa ini terhadap pangan di seluruh pelosok kabupaten menjadi hal yang wajib.

Sejarah terbentuknya desa ini sendiri terdengar agak unik, karena tidak jauh beda dengan istilah-istilah Jawa Kuno. Ditinjau dari nama Kedungrejo sendiri yang berasal dari kata Kedung yang berarti pusaran sungai yang paling dalam (palung sungai) dan Rejo yang berarti makmur. Sehingga jika diartikan secara bahasa, arti kata Kedungrejo adalah sebuah desa yang memiliki sungai untuk kemakmuran rakyat. Hal itu memang benar, karena di desa itu dilalui sebuah sungai yang menjadi sumber utama dalam kemajuan pertanian, terutama di bidang irigasi. Mengingat luas wilayah yang sebagian besar adalah lahan pertanian masyarakat. Oleh karena itu matapencaharian sebagian besar penduduknya adalah sebagai petani. Ditinjau dari pendapatan penduduk tiap tahunnya, hasil pertanian jagung selalu meningkat dibanding dengan hasil pertanian padi. Hal itu dikarenakan tanaman jagung lebih dominan dibanding tanaman padi. Dilihat dari struktur tanahnya sendiri wilayah desa Kedungrejo banyak mengandung kapur sehingga sangat bagus untuk media pertanian palawija khususnya tanaman jagung. Akan tetapi sebagai warga negara Indonesia yang makanan pokoknya adalah padi, maka dalam pemenuhan kebutuhan sehari-harinya tanaman padi lebih diutamakan dibanding tanaman jagung.