Kedidi batu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kedidi batu
Calidris ptilocnemis Edit nilai pada Wikidata

Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22693424 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusCalidris
SpesiesCalidris ptilocnemis Edit nilai pada Wikidata
Distribusi

Edit nilai pada Wikidata

Burung kedidi batu ( Calidris ptilocnemis ) adalah burung pantai kecil dalam keluarga sandpiper Scolopacidae . Ini adalah burung kedidi tangguh yang berkembang biak di wilayah Arktik dan subarktik di Alaska serta Semenanjung Chukotka dan Kamchatka . Ia berkerabat dekat dengan kedidi ungu yang berkembang biak di wilayah Arktik di timur laut Kanada dan Palearctic barat laut.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Burung dewasa mempunyai kaki kuning pendek dan paruh gelap tipis sedang. Tubuhnya berwarna gelap di bagian atas dengan sedikit kilap keunguan dan sebagian besar berwarna putih di bagian bawah. Dadanya memiliki rona warna abu-abu, dan pantatnya berwarna hitam. Subspesies Kepulauan Pribilof burung ini menunjukkan bercak perut berwarna hitam tebal.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Burung ini bermigrasi ke selatan menuju pantai Pasifik berbatu yang bebas es pada musim dingin. Banyak pengembangbiak di utara melewati selatan dari lebih banyak pengembangbiak di selatan. Ia dapat membentuk kawanan musim dingin yang cukup besar.

Kedidi batu yang menghabiskan musim non-kawin di Cekungan Pasifik, Alaska, harus menanggung kondisi yang keras di mana mereka bergantung pada mangsa berkualitas tinggi, terutama mangsa utama mereka – kerang Macoma balthica .[2]

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Habitat berkembang biak mereka adalah tundra utara di pantai Pasifik Arktik Alaska dan Kepulauan Aleutian dan Pribilof. Burung ini juga berkembang biak di Kamchatka dan Kepulauan Kuril . Pasangan perkembangbiakan biasanya monogami, dengan ikatan pasangan biasanya berlangsung beberapa tahun. Mereka bersarang di tanah, baik di atas batu atau di lokasi yang lebih lembab. Pejantan membuat beberapa galian tanah, betina memilih satu dan bertelur 4 butir. Baik jantan maupun betina bertanggung jawab atas inkubasi.

Pola makan[sunting | sunting sumber]

Burung-burung ini mencari makan di pantai berbatu. Mereka terutama memakan serangga, moluska, cacing laut, dan beberapa bahan tumbuhan. Ia sering makan sampai dadanya di air, dan sering berenang. Ia bertengger di bebatuan dekat tempat mencari makannya tepat di atas semburan air pasang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2018). "Calidris ptilocnemis". 2018: e.T22693424A131929912. doi:10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T22693424A131929912.en. 
  2. ^ Ruthrauff, D. R.; Dekinga, A.; Gill Jr, R. E.; Piersma, T. (2018). "Energetic solutions of Rock Sandpipers to harsh winter conditions rely on prey quality" (PDF). Ibis. 160 (2): 397–412. doi:10.1111/ibi.12534.