Kecapi, Tahunan, Jepara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kecapi
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Jepara
Kecamatan Tahunan
Pemerintahan
 • Kepala desa -
Kodepos 59429
Luas 6 km persegi
Jumlah penduduk 5000 jiwa
Kepadatan -

Kecapi adalah sebuah desa di kecamatan Tahunan, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nyidam merupakan hal yang lumrah bagi wanita hamil. Siapa saja tatkala hamil seringkali merasakan yang namanya Nyidam. Bahkan, seorang ratu pun bisa merasakan nyidam saat hamil.

Nyidam selalu diidentikan dengan permintaan atau keinginan yang aneh-aneh. Sehingga, seringkali membutuhkan pengorbanan untuk memenuhi nyidam itu. Meski sulit dan butuh pengorbanan nyidam harus terpenuhi, jika nyidamnya tidak terpenuhi, mitos yang beredar luas di masyarakat, konon kelak ketika si jabang bayi lahir akan selalu ngiler (mengeluarkan air liur).

Sebagai wanita, Ratu Shima kala tengah mengandung tujuh bulan pun mengalami sensi nyidam. Meskipun seorang ratu, Ratu Shima kala itu nyidam buah kecapi. Buah yang rame rasanya, manis-asam-segar.

Meskipun seorang ratu, Ratu Shima ingin mencari dan memetik sendiri buah yang diingini itu. Ratu Shima tak ingin mengutus punggawanya mencarikan buah tersebut. Pasalnya, Ratu Shima khawatir jika mengutus punggawanya, begitu kembali ke hadapannya buah yang diingini sudag tidak segar lagi.

Lantas bergegaslah Ratu Shima diikuti para punggawanya melakukan perjalanan mencari buah kecapi. Berdasarkan cerita yang dituturkan Ahmad Jayeg (45 tahun) warga Kecapi Krajan, perjalanan Ratu Shima dimulai dari suatu wilayah yang kini bernama Keling.

Dari Keling rombongan berjalan kaki menuju ke arah barat. Setengah hari berjalan Ratu Shima belum juga menemukan buah yang diidamkan itu. Beberapa desa pun sudah dilewati, tetapi hasil pencariannya itu masih nihil.

Saat tiba di suatu wilayah yang banyak ditumbuhi pohon rembulung, Ratu Shima beserta pengikutnya beristirahat. Kini tempat yang dijadikan peristirahatan tersebut diberi nama Desa Bulungan.

Setelah rasa lelah hilang, rombongan kembali melanjutkan perjalanan ke arah selatan. Baru berjalan beberapa waktu, para punggawa Ratu Shima berteriak, "kecapi... kecapi....kecapi," berulang ulang. Ya, ternyata mereka telah menemukan sejumlah pohon kecapai yang tengah berbuah lebat.

Tanpa ragu lagi, Ratu Shima segera rutun dari tandunya. Bergegas memetik buah kecapi yang diidamkan itu. Oleh sebab itulah, wilayah di sebelah selatan Desa Bulungan itu kini dinamakan Desa Kecapi.

Geografis[sunting | sunting sumber]

Sebelah Utara berbatasan dengan desa Bulungan desa Mulyoharjo, Jepara, Jepara dan desa Lebak, sedangkan di sebalah selatan berbatasan dengan desa Pekalongan, pada sebelah barat berbatasan dengan desa Senenan dan desa Bapangan, di sebelah timur berbatasan dengan desa Bantrung dan desa Bringin.

Potensi[sunting | sunting sumber]

Mayoritas penduduk Desa Kecapi memiliki perkebunan pohon Durian. Durian dari Desa Kecapi berkualitas unggul, beberapa kali menjuarai Lomba Farientas Durian Jepara. Membeli Durian langsung di Desa Kecapi sangatlah puas karena kita bisa dipilihkan sesuai selera kita, anda bisa memilih durian yang rasanya manis, pahit, legit, dll.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  • SDN 1 Kecapi

selain memiliki sekolahan formal dibidang pendidikan desa kecapi memiliki kelompok yang bernama Rumah Belajar Ilalang. sebuah komunitas yang berkonsen terhadap pendampingan anak.

  • RA Tsamrotul Huda
  • MI Tsamrotul Huda
  • MTs Tsamrotul Huda
  • SMK Islam Tsamrotul Huda

Olahraga[sunting | sunting sumber]

  • PERSIKA KECAPI

Persika Kecapi adalah sepak bola voli yang berasal dari Kecapi. PERSIKA Kecapi sudah berkiprah di beberapa kompetisi dari Welahan Cup, Piala Bupati Jepara, Yazztea Jepara League.

  • PUTRA MANUNGGAL KECAPI

PUTRA MANUNGGAL KECAPI adalah Klub bola voli yang berasal dari Kecapi. Putra Manunggal Kecapi pernah mendapatkan Juara 1 turnamen bola voli se-Kabupaten Jepara. Pada partai final yang dipimpin oleh wasit Kasemun, Putra Manunggal menang 3-1 atas Tunas Perdana Menganti.