Keburukan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kejahatan (Inggris: evil), atau keburukan dalam pengertian umum, adalah perilaku yang salah secara moral, atau kondisi yang menyebabkan rasa sakit dan penderitaan yang tidak perlu, sehingga menyebabkan dampak yang negatif kepada dunia.[1]

Kejahatan biasanya dipandang sebagai lawan dari kebaikan atau tidak adanya kebaikan. Ini bisa menjadi konsep yang sangat luas. Dalam penggunaan sehari-hari, kejahatan sering dimaknai sebagai perbuatan pidana. Dalam studi filsafat, kejahatan memiliki beberapa bentuk, seperti kejahatan moral, yang umumnya diasosiasikan dengan kesalahan yang dilakukan oleh manusia, atau kejahatan alam (seperti dalam kasus bencana alam atau penyakit). Dalam pemikiran keagamaan, terdapat bentuk kejahatan yang bersifat demonik atau supranatural.[2] Dalam beberapa agama, pandangan dunia, dan filsafat, fokus sering dititikberatkan pada "kebaikan versus kejahatan". Namun, terdapat agama lain yang menolak untuk menggunakan kejahatan dalam mendeskripsikan manusia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What does Evil mean?". www.definitions.net. Diakses tanggal 2023-12-28. 
  2. ^ Griffin, David Ray (2004) [1976]. God, Power, and Evil: a Process Theodicy. Westminster. hlm. 31. ISBN 978-0-664-22906-1.