Kebun Raya Unmul Samarinda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kebun Raya Unmul Samarinda

Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS) adalah obyek wisata Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, yang pada mulanya merupakan kawasan milik CV. Kayu Mahakam.[1][2] Pada tahun 1974, pihak CV. Kayu Mahkam yang merupakan pemegang konsesi menyerahkan wilayah seluas 300 hektar yang berada di Gunung Kapur kepada rektor Universitas Mulawarman.[1][2] Wilayah tersebut kemudian dijadikan kawasan hutan konservasi, tempat kegiatan penelitian, dan tempat berkumpulnya mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul).[1] Di tahun yang sama, tepatnya pada tanggal 9 Juli 1974, kawasan tersebut diresmikan menjadi hutan pendidikan oleh direktur CV. Kayu Mahakam, Ali Akbar Afloes, dan rektor Universitas Mulawarman, R. Sambas Wirakusuma, serta disaksikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Syarief Thayeb, dan Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Abdoel Wahab Sjahranie.[2] Luas dari kebun raya yang semula 300 hektar kemudian berkurang 62 hektar pada tahun 2001 karena beralih fungsi menjadi tempat wisata kebun raya yang sekarang ini menjadi tempat wisata favorit warga Samarinda.[3]

Koleksi Flora dan Fauna[sunting | sunting sumber]

Koleksi flora dan fauna yang ada di Kebun Raya Samarinda ini cukup banyak, ada 24 jenis satwa termasuk yang dilindungi diantaranya adalah buaya, kancil, kuda, orang utan, kuda, elang kepala putih, monyet ekor panjang, burung merak, ular python dan masih banyak lagi hewan lainnya yang menghuni Kebun Raya Samarinda ini.[4] Flora yang ada di tempat ini cukup banyak yaitu terdiri dari pepohonan dan bunga-bunga seperti anggrek hitam yang langka, sebagaian tanaman tersebut dimasukan dalam museum untuk edukasi tanaman-tanaman yang sudah jarang ditemui, sedangkan sebagian lainnya ditanam dilokasi.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas disediakan di kawasan wisata ini, mulai dari lapangan parkir, jalan untuk menuju lokasi wisata yang sudah beraspal, taman hiburan anak, panggung pertunjukan, warung makan, delman, museum kayu, gazebo, kolam pemancingan, bianglala, komedi putar dan masih banyak lainnya. Untuk mengunjungi titik-titik koleksi hewan yang ada, disediakan rute-rute yang saling menghubungkan antara koleksi satu ke koleksi lainnya sehingga memudahkan pengunjung melihat koleksi hewan dan tumbuhan yang ada di Kebun Raya Samarinda.[5]

Akses ke Lokasi[sunting | sunting sumber]

Perjalan menuju lokasi wisata Kebun Raya Samarinda dari pusat kota sekitar 20 sampai 30 menit menggunakan kendaraan bermotor, kondisi jalan yang dilalui beraspal cukup baik, namun sedikit berkelok-kelok dan sedikit sempit untuk saling berpas-pasan sesame kendaraan.[6]Pada rute menuju lokasi akan melewati beberapa lokasi wisata lain yaitu lembah hijau dan lokasi pemancingan keluarga.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Atraksi Danau Alam di Kebun Raya Unmul Samarinda" (dalam bahasa Indonesia). ksm tour. Diakses tanggal 27 April 2015. 
  2. ^ a b c "Kebun Raya Unmul Samarinda" (dalam bahasa Indonesia). Kota Samarinda: kru samarinda. Diakses tanggal 24 April 2015. 
  3. ^ "Kebun Raya Unmul" (dalam bahasa Indonesia). Kota Samarinda: utiket. 20 Oktober 2014. Diakses tanggal 24 April 2015. 
  4. ^ "Pengunjung padati KRUS Samarinda" (dalam bahasa Indonesia). Kalimantan Timur: Antara News. Diakses tanggal 27 April 2015. 
  5. ^ "Kebun Raya Unmul Samarinda" (dalam bahasa Indonesia). Kota Samarinda: Jalan2. 2014. Diakses tanggal 24 April 2015. 
  6. ^ "Kebun Raya Unmul Samarinda" (dalam bahasa Indonesia). Kota Samarinda: Wisata Kalimantan. 2014. Diakses tanggal 24 April 2015.