Kebun Raya Balikpapan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kebun Raya Balikpapan merupakan salah satu objek wisata di kota Balikpapan. Pemerintah Kota Balikpapan bekerjasama dengan Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dan Balai Besar Penelitian Dipterocarpaceae Dephut untuk kegiatan pembangunan Kebun Raya Balikpapan. Keberadaan Kebun Raya Balikpapan terletak di Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain. Perancangan dilakukan pada Tanggal 1 Desember 2005 oleh LIPI dan Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor. Ditetapkannya Kebun Raya Balikpapan pada Tanggal 26 Februari 2009 berdasarkan keputusan Menteri Kehutanan RI No.68/ Menhut-II/2009 dengan tujuan khusus [1] untuk Hutan Penelitian,Pengembangan,Pendidikan dan Latihan. Peresmian dilakukan oleh 2 orang Menteri yaitu Menteri Kehutanan oleh Pak Zulkifli Hasan dan Menteri Pekerjaan Umum oleh Pak Djoko Kirmanto yang didampingi Wali kota Balikpapan Bapak H. Imdaad Hamid, S.E.

Letak Kebun Raya Balikpapan tidak jauh dari kota Balikpapan yaitu sekitar ±20km tepatnya di Kelurahan Karang Joang KM.15,[1] Kecamatan Balikpapan Utara serta memiliki Luas ±309,8 Ha.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Kebun Raya ini memiliki fasilitas informasi center, garden shop, garden cafe, lamin ulin, toilet, shalter, gazebo, 2 buah guest house (Wisma), tempat parkir yang memadai, musholla, loket penjualan ticket, penunjuk arah, taman, koleksi-koleksi penanaman, gedung penerima, gedung pendidikan dan seminar. Kebun raya ini juga memiliki kegiatan, outbond, konservasi, pendidikan dan pelatihan.[2]

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Terdapat tanaman bunga terompet, tanaman merambat (akar kuning), buah-buahan (buah abiu, sirsak, durian nanggang, lai, aren, dll), Bunga (bunga terompet, bunga pagoda, tapak dara, bunga sepatu), Obat-obatan (tabat barito, pasak bumi, jarak pagar, sorombolum, dll), Pepohonan (pulai, kapsul kenanga, kayu hitam,kapul, bernia, pinang, ulin). Kebun Raya ini memiliki tumbuhan khas hutan tropis yang dilindungi (bangkirai, ulin, meranti, keruning, banggeris) serta pohon-pohon buah (durian hutan, manggis hutan, langsat, kayu bawang dengan diameter sampai dengan 80 - 90 cm). [3], Kecamatan Balikpapan Utara serta memiliki Luas ±309,8 Ha.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Indonesia) "Lokasi Kebun Raya Balikpapan". Pemkot Balikpapan. 2020. 
  2. ^ (Indonesia) "Kebun Raya Balikpapan". Pemkot Balikpapan. 2020. 
  3. ^ (Indonesia) "Koleksi Kebun Raya Balikpapan". Pemkot Balikpapan. 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]