Keabsurdan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Keabsurdan, kemuhalan[1], atau ketidakmakulan[2] (bahasa Inggris: absurdity) adalah perihal atau keadaan yang sangat tidak makul (tidak masuk akal), tidak berarti, atau tidak waras sehingga menjadi tidak rasional atau tidak dianggap serius. "Absurd" atau "tidak makul" adalah kata sifat untuk menggambarkan keabsurdan atau ketidakmakulan, contoh: "Tyler dan anak laki-laki itu mentertawakan situasi yang absurd."[3] Ini berasal dari bahasa Latin absurdum yang berarti "sumbang".[4] Kata Latin surdus berarti "tuli", menyiratkan kebodohan.[3] Keabsurdan dikontraskan dengan realistis atau masuk akal.[5] Dalam penggunaan umum, keabsurdan mungkin sinonim dengan konyol, ganjil, mustahil, tidak logis, atau tidak masuk akal. Dalam penggunaan khusus, keabsurdan terkait dengan penalaran yang buruk atau kesia-siaan dalam penalaran, kekonyolan terkait dengan penjajaran, tawa, dan ejekan yang tidak sesuai, dan kurangnya kebermaknaan. Absurdisme adalah sebuah konsep dalam filsafat yang berkaitan dengan pengertian keabsurdan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Indonesia) Arti kata Muhal dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  2. ^ "Arti kata makul". Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud. KBBI Daring. Diakses tanggal 20 Juli 2023. 
  3. ^ a b Webster's Dictionary
  4. ^ Wordreference.com
  5. ^ Synonyms on Thesaurus.com

Pranala luar[sunting | sunting sumber]