Kazuyo Sejima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kazuyo Sejima
Kazuyo Sejima mg 5000.jpg
Kazuyo Sejima pada Maret 2009
Lahir 29 Oktober 1956 (umur 61)
Prefektur Ibaraki, Jepang
Kebangsaan Jepang
Penghargaan Schelling Architekturpreis 2000
Penghargaan Rolf Schock 2005
Penghargaan Pritzker 2010
Karya
Praktik Kazuyo Sejima and Associates (1987–1995)
SANAA (sejak 1995)

Kazuyo Sejima (妹島 和世 Sejima Kazuyo?, lahir di Prefektur Ibaraki, Jepang, 29 Oktober 1956; umur 61 tahun) adalah seorang arsitek Jepang. Ia dikenal atas rancangan-rancangan dengan unsur-unsur modernis bersih seperti permukaan bersinar, bersih dan mulus yang terbuat dari kaca, marmer, dan metal. Ia juga memakai bentuk persegi dan kubik, yang dapat ditemukan dalam rancangan-rancangannya dalam berbagai tingkat. Jendela-jendela besar membolehkan sinar alam untuk memasuki ruang dan membuat sebuah peralihan antara dalam ruangan dan luar ruangan. Ini merupakan hubungan dari dua lingkup yang menggambarkan inspirasinya.

Kazuyo Sejima, bersama dengan Ryue Nishizawa, telah berkarya pada beberapa proyek di Jerman, Swiss, Perancis, Inggris, Belanda, Amerika Serikat, dan Spanyol. Beberapa rancangan mereka seperti Rolex Learning Center di EPFL, New Museum di Bowery District, New York City serta Paviliun Kaca untuk Museum Seni Rupa Toledo yang meliputi kaca dan ruang umum terbuka yang berinteraksi dengan dunia di sekitaran arsitektur. Unsur-unsur rancangan semacam itu dapat ditemukan dalam rancangan-rancangan mereka.

Pada 2010, Sejima adalah wanita kedua yang meraih Penghargaan Pritzker, yang dianugerahi bersama dengan Ryue Nishizawa.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nonie Niesewand (March 2015). "Through the Glass Ceiling". Architectural Digest. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]