Kazatomprom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

National Atomic Company Kazatomprom Joint Stock Company (Kazatomprom) (bahasa Kazakh: Қазатомөнеркәсіп) adalah produsen dan penjual uranium alam terbesar di dunia, menyediakan lebih dari 40% pasokan uranium primer global pada tahun 2019 dari operasinya di Kazakhstan. Uranium Kazatomprom digunakan untuk pembangkit tenaga nuklir di seluruh dunia.[1][2][3][4][5][6][7]

Kazatomprom adalah operator nasional Kazakhstan untuk ekspor dan impor uranium, mineral dan senyawanya, bahan bakar pembangkit listrik tenaga nuklir, peralatan dan teknologi khusus. Status perusahaan sebagai Perusahaan Nasional memberikan keuntungan tertentu, antara lain, memperoleh perjanjian penggunaan lapisan bawah tanah (lisensi tambang pemulihan in-situ) melalui negosiasi langsung dengan Pemerintah Republik Kazakhstan.

Semua tambang perusahaan dan operasi pemrosesan anak perusahaan berlokasi di Republik Kazakhstan.

Uranium hampir semuanya pada akhirnya ditujukan untuk ekspor karena Kazakhstan belum memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir sejak penutupan reaktor BN-350 yang dibangun Soviet di Aktau pada tahun 1992. Namun, ada beberapa perdebatan mengenai penggunaan tenaga nuklir di masa depan di Kazakhstan .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Uranium Production Figures, 2010-2019". World Nuclear Association. 
  2. ^ "About Us". www.kazatomprom.kz. 
  3. ^ "About Us". Kazatomprom Corporate Website. 
  4. ^ "Kazakhstan offers Europe chance to kick its Russian uranium habit". www.intellinews.com (dalam bahasa Inggris). 2022-09-26. Diakses tanggal 2022-12-21. 
  5. ^ "Kazatomprom IPO With Astana International Financial Center (AIX) Shows Global Appetite For Uranium". www.forbes.com. November 27, 2018. 
  6. ^ "Privatization Program: 2016-2020". Samruk-Kazyna Privatization. 
  7. ^ "COMPREHENSIVE PRIVATISATION PLAN FOR 2016-2020" (PDF). Samruk-Kazyna.