Katedral Zrenjanin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Zrenjanin
Katedral Santo Yohanes dari Nepomuk di Zrenjanin
bahasa Serbia: Кatedrala svetog Ivana Nepomuka
Katedral Zrenjanin
45°22′51″N 20°23′26″E / 45.38083°N 20.39056°E / 45.38083; 20.39056
LokasiZrenjanin
NegaraSerbia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Didirikan1867 (1867)
DedikasiYohanes dari Nepomuk
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekFranz Xaver Brandeisz
GayaNeo-klasik
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Zrenjanin
Klerus
UskupYang Mulia Mgr. László Német

Katedral Zrenjanin atau yang bernama resmi Katedral Santo Yohanes dari Nepomuk (bahasa Serbia: Катедрала светог Ивана Непомука; bahasa Hongaria: Nepomuki Szent Jánosszékesegyház) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Zrenjanin, Serbia. Katedral ini adalah pusat kedudukan Keuskupan Zrenjanin yang mencakup wilayah Banat Serbia. Katedral ini terletak di alun-alun utama Zrenjanin, Trg slobode (Lapangan Merdeka). Katedral ini didedikasikan untuk Santo Yohanes dari Nepomuk.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Selama masa pemerintahan Utsmaniyah (1552–1718) terdapat sebuah masjid, namun dihancurkan oleh Austria setelah penarikan pasukan Turki dari kota tersebut dan Banat. Namun, ini bukan katedral pertama yang dibangun setelah masjid tersebut dibongkar. Sebelum katedral terlihat saat ini, sebuah gereja bergaya Baroque, yang dibangun pada tahun 1768, berdiri di tempatnya. Selama abad berikutnya, bangunan tersebut mengalami kerusakan parah dan pihak berwenang memutuskan untuk membangun yang baru. Pembangunan katedral saat ini dimulai pada tahun 1864 atas proyek Franz Xaver Brandeisz, yang juga membangun beberapa gereja di Banat, dan berlangsung selama empat tahun.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Katedral Zrenjanin dibangun dengan gaya Neoklasik. Interiornya didekorasi oleh Josef Goigner dari Tyrol dan katedral menampilkan organ pipa yang dibuat di Timișoara, pada tahun 1907. Jendelanya dihiasi dengan kaca berwarna.

Karena ukuran katedral ini yang besar, menara ini dapat dilihat dari sebagian besar wilayah kota.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]