Katedral Zamora de Hidalgo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Zamora de Hidalgo
(Tempat Ziarah Diosesan Bunda Maria dari Guadalupe)
Tempat Ziarah Bunda Maria dari Guadalupe, Juni 2008
Agama
AfiliasiGereja Katolik Roma
Lokasi
LokasiMichoacán, Meksiko
Koordinat19°59′01.13″N 102°16′50.95″W / 19.9836472°N 102.2808194°W / 19.9836472; -102.2808194
Arsitektur
TipeGereja

Katedral Zamora de Hidalgo atau Tempat Ziarah Diosesan Bunda Maria dari Guadalupe, juga dikenal sebagai Tempat Suci Bunda Maria dari Guadalupe (bahasa Spanyol: Santuario de Nuestra Señora de Guadalupe) adalah sebuah gereja katedral Katolik bergaya Neo-Gotik yang terletak di Zamora, Michoacán, Meksiko. Menara katedral ini mencapai ketinggian 107,5 meter,[1] menjadikannya gedung gereja tertinggi di Meksiko.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Batu penjuru katedral diletakkan pada tanggal 2 Februari 1898, pesta Mata Lilin, oleh uskup Zamora kedua, Don Jose Ma. Càzares y Martinez. Rencana arsitektur dikaitkan dengan arsitek Zamoran Jesús Hernández Segura. Keuskupan telah didirikan pada tahun 1862 dan membutuhkan sebuah katedral.

Awal[sunting | sunting sumber]

Konstruksi dimulai pada tahun 1898, dengan awak lebih dari 300 orang yang bekerja di lokasi tersebut. Itu dirancang dalam gaya Gothic revival dengan sentuhan yang tidak biasa, sebuah kubah di atas penyeberangan. Katedral akan berisi lima naves yang luas, empat di antaranya telah ditutup pada akhir tahun 1910; batu galian dalam jumlah besar diperlukan untuk mempercepat pekerjaan.

Pengabaian[sunting | sunting sumber]

Revolusi Meksiko membawa masalah ke Zamora, dan negara secara keseluruhan. Pada tahun 1914 pekerjaan konstruksi dihentikan karena revolusi dan kemudian, Perang Cristero, untuk waktu yang tidak ditentukan.

Selama tahun-tahun berikutnya, hanya setengah dari katedral yang selesai, termasuk 4 bagian tengah, dan semua pilar sudah terpasang. Sayangnya, karena konflik yang terus berlanjut, draf aslinya hilang; yang tersisa hanyalah gambar fasad asli dan rencana umum konstruksi. Juga, banyak dari batu tambang asli menghilang, dan katedral rusak ketika tentara memutuskan untuk menggunakan salah satu dinding batu sebagai tempat eksekusi; banyak yang mati oleh regu tembak karena keyakinan mereka. Buktinya masih ada berupa ratusan lubang peluru yang terpahat di dinding; peringatan sunyi bagi mereka yang meninggal di sana.

Rekonstruksi[sunting | sunting sumber]

Setelah banyak kegagalan, pada tahun 1988 Josè E. Jiménez Robles, uskup kedelapan Zamora, dapat merencanakan untuk memulai kembali pembangunan dan pada tahun 1989, diputuskan untuk mendedikasikan gedung tersebut untuk Bunda Maria dari Guadalupe. Penyelesaiannya tampak hampir mustahil baginya; kurangnya sumber daya ekonomi dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek menjadi tugas yang paling menakutkan.

Pekerjaan rekonstruksi dimulai pada tahun 1990, dengan fasad baru alih-alih yang direncanakan semula, dan memiliki kemiripan dengan katedral gotik di Milan. Sebuah menara ditempatkan di persimpangan alih-alih kubah yang direncanakan, ini menjadi elemen yang lebih sesuai dengan arsitektur gotik murni. Dinding dibersihkan dari puing-puing kemudian retakan diperbaiki dan dinding diperkuat. Menara didesain ulang agar lebih luas dan teras diaspal untuk memberikan stabilitas yang lebih besar pada bangunan.

Tempat Suci hari ini[sunting | sunting sumber]

Saat ini, konstruksi hampir selesai dan detail terakhir sedang diselesaikan. Organ pipa, oleh Alexander Schuke Potsdam Orgelbau yang berbasis di Potsdam, selesai dan dipasang pada awal tahun 2009. Dengan menara yang baru dipasang, menara sekarang mencapai ketinggian 107,5 meter. Penerangan bagian dalam telah selesai seluruhnya dan di relung-relung di pilar-pilar tersebut telah ditempatkan gambar orang-orang kudus, dengan plakat dengan nama masing-masing di bawahnya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Madrigal, Alejandro (3 Agustus 2014). "¡Tardaron 70 tahun en concluir una catedral!". Milenio (dalam bahasa Spanish). Zamora. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. 
  2. ^ Feregrino, Alejandro (3 April 2019). "Estas son las 5 catedrales más altas de México". Desde la Fe (dalam bahasa Spanish). Diakses tanggal 19 August 2020.