Katedral Wuhu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Wuhu
Katedral Santo Yosef, Wuhu
Hanzi: 芜湖圣若瑟主教座堂
Katedral Wuhu
LokasiWuhu
NegaraTiongkok
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Wuhu

Katedral Wuhu atau yang bernama resmi Katedral Santo Yosef[1] (Hanzi: 芜湖圣若瑟主教座堂) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Wuhu, Anhui, Tiongkok. Katedral ini menjadi pusat kedudukan bagi Keuskupan Wuhu. Ini adalah salah satu bangunan Katolik terbesar di Anhui.

Pembangunan katedral ini dilakukan oleh Yesuit Perancis,[2] termasuk Joseph Seckinger, yang menetap di Wuhu pada tahun 1883.

Pada tahun 1889, gereja selesai dibangun meskipun ada tentangan dari kaum nasionalis Tiongkok, yang terlibat dalam upaya sejak Mei 1888 untuk menghentikan pembangunannya melalui boikot dan demonstrasi yang bermusuhan. Sebuah rumah sakit dan sekolah juga dibangun, yang ditujukan khususnya untuk perawatan anak yatim dan pasien tanpa sumber daya.[3]

Pada tahun 1891, Gelaohui, sebuah organisasi rahasia xenofobia, memimpin perlawanan terhadap gereja. Setelah seorang pastor dituduh menculik anak-anak dan dua biarawati, massa membakar katedral, rumah sakit, dan sekolah. Protes awal dengan cepat berubah menjadi kerusuhan, yang juga menyerang konsulat Inggris di Wuhu. Pemerintah Qing melakukan intervensi untuk mengambil kendali kota dan melenyapkan para pemimpinnya.[4]

Gereja ini dibangun kembali pada tahun 1895 berkat kompensasi finansial dari otoritas Tiongkok. Katedral ini ditetapkan sebagai katedral Vikariat Apostolik Anhui pada pendiriannya pada tahun 1921, dan tetap menjadi katedral Keuskupan Wuhu pada pendiriannya pada tahun 1946.

Pada tahun 1966, selama Revolusi Kebudayaan, katedral mengalami kerusakan parah. Itu dipulihkan pada tahun 1983.

Ada Misa harian (06:30 Senin sampai Jumat dan 08:00 pada hari Minggu).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral St. Joseph (Wuhu)
  2. ^ Histoire de la Mission du Kiang-nan. Jésuites de la Province de France, par Joseph de La Servire(Paris) 1840-1899 (Volume t. 2)
  3. ^ "上智 - 我们的奉献 - 文化研究". www.shangzhi.org. 
  4. ^ "芜湖的天主教堂_快乐老头_新浪博客". blog.sina.com.cn. Diakses tanggal 2016-04-19.