Katedral Włocławek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Włocławek
Katedral Basilika Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, Włocławek
bahasa Polandia: Bazylika katedralna Wniebowzięcia Najświętszej Maryi Panny we Włocławku
Katedral Włocławek
LokasiWłocławek
NegaraPolandia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Włocławek

Katedral Włocławek atau yang bernama resmi Katedral Basilika Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga (bahasa Polandia: Bazylika katedralna Wniebowzięcia Najświętszej Maryi Panny we Włocławku) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Włocławek, Polandia, terletak di dekat Sungai Vistula. Pembangunan katedral dimulai pada tahun 1340-an, dan disucikan pada tahun 1411. Pembangunannya masih berlangsung pada abad ke-15 dan awal abad ke-16, hingga selesai pada tahun 1526. Gereja ini adalah salah satu dari harta karun terbesar seni pemakaman di Polandia di samping katedral di Gniezno, Poznan dan Kraków.

Pada tahun 1883–1901, bangunan ini mengalami regothisasi besar-besaran, termasuk pertukaran detail dan ketinggian kedua menara. Katedral ini adalah gereja tiga bagian dengan presbiteri yang lebih sempit dan jauh lebih rendah. Di antara monumen-monumen yang terletak di dalam, berikut ini yang patut mendapat perhatian khusus: jendela kaca patri dari tahun 1360, batu nisan uskup Peter dari Bnin dari tahun 1494, patung kayu Bunda Maria dari awal abad ke-15 dan lukisan Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga. Mary oleh John the Great dari sekitar tahun 1480.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cathedral parish in Wloclawek (Parafia Katedralna we Włocławku)". www.katedrawloclawek.pl. Diakses tanggal 2016-02-14.