Katedral Versailles

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Versailles
Katedral Santo Louis
Prancis: Cathédrale Saint-Louis de Versailles
Katedral Versailles
LokasiVersailles
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Versailles

Katedral Versailles (Perancis: Cathédrale Saint-Louis de Versailles) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang berlokasi di Versailles, Prancis. Itu adalah monumen nasional.

Katedral ini adalah takhta dari Keuskupan Versailles, yang dibentuk sebagai keuskupan konstitusional pada tahun 1790 dan dikukuhkan oleh Konkordat 1801.

Interior dengan mimbar

Dibangun sebagai gereja paroki Saint Louis sebelum menjadi katedral keuskupan baru. Bangunan ini dibuat pada pertengahan abad ke-18: peletakan batu pertama dilakukan oleh Louis XV, pada 12 Juni 1743 dan gereja ditahbiskan pada 24 Agustus 1754. Arsiteknya adalah Jacques Hardouin -Mansart de Sagonne (1711-1778), cucu dari arsitek terkenal Jules Hardouin-Mansart. Pada tahun 1764 Louis-François Trouard menambahkan Chapelle de la Providence (sekarang Chapelle des Catéchismes) ke transept utara.

Selama Revolusi Perancis kuil ini digunakan sebagai Kuil Kelimpahan, dan rusak parah.

Gereja ini dipilih dan digunakan sebagai katedral oleh uskup pasca-Revolusi, yang lebih memilihnya daripada gereja Notre-Dame di Versailles, yang telah menjadi pilihan uskup konstitusional sebelumnya. Namun penahbisannya sebagai katedral sangat tertunda, dan baru dilakukan pada tahun 1843, oleh uskup ketiga keuskupan tersebut, Louis-Marie-Edmond Blanquart de Bailleul.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]