Katedral Vercelli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Vercelli
Katedral-Basilika Santo Eusebius
bahasa Italia: Cattedrale-Basilica di S. Eusebio
Katedral Vercelli
LokasiVercelli
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Vercelli

Katedral Vercelli (bahasa Italia: Duomo di Vercelli, Cattedrale di Sant'Eusebio) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Vercelli, Piemonte, Italia. Katedral ini berfungsi sebagai pusat kedudukan dan takhta dari Keuskupan Agung Vercelli. Katedral ini didedikasikan untuk Santo Eusebius dari Vercelli, uskup pertama.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral yang sekarang dibangun di lokasi katedral sebelumnya. Pembangunan yang pertama, pada abad ke-4, dianggap berasal dari Santo Eusebius sendiri, yang diyakini membangunnya di atas pekuburan kuno yang berisi sisa-sisa Santo Theonestus, untuk yang dipersembahkan Eusebius.[1] Setelah kematian Eusebius, ia sendiri dimakamkan di sana, dan dedikasinya pun berubah. Bangunan ini dihancurkan selama invasi Gothic pada abad ke-5. Penggantinya adalah basilika besar yang terinspirasi oleh Roma dan Ravenna. Renovasi besar-besaran dilakukan pada abad ke-9. Pada abad ke-11, restorasi besar lainnya dilakukan, sebagai akibat dari kerusakan parah dan khususnya kebakaran hebat pada tahun 997 yang mengancam stabilitas struktur. Pada abad ke-12, campanile yang sekarang dibangun, dan bagian utama katedral dipugar kembali: sekarang memiliki lima lorong yang dipisahkan oleh kolom, sebuah transept dan serambi yang megah. apse dihiasi dengan mosaik, dan di dalam presbiteri terdapat ambo yang dipahat oleh Benedetto Antelami.

Pada paruh kedua abad ke-16, Pellegrino Tibaldi dari Valsolda ditugaskan oleh uskup saat itu, Guido Ferrero, untuk membangun kembali katedral seluruhnya untuk menggantikan bangunan abad pertengahan, yang telah dihancurkan oleh uskup. Tibaldi mampu mendirikan paduan suara, kapel samping dan dua sakristi sebelum kekurangan dana membuat pekerjaan tersebut terhenti setelah delapan tahun. Pada tahun 1682 sebuah kapel di selatan dibangun untuk makam Blessed Amadeus IX. Antara tahun 1702 dan 1717 Stefano Negro membangun bagian tengah, lorong, dan transept. Bagian bangunan yang tersisa, termasuk bagian depan barat, diselesaikan pada tahun 1757–1763 oleh Benedetto Alfieri dan Luigi Barberis, yang menjelang akhir abad ke-18 juga menambahkan sebuah kapel di lorong utara untuk relik Santo Eusebius, yang ditemukan selama pekerjaan rekonstruksi abad ke-16. Ini dibangun kembali pada akhir abad ke-19 oleh Giuseppe Locarni, dan guci berisi sisa-sisanya sekarang terletak di bawah altar tinggi. Giovanni Larghi menambahkan kubah pada tahun 1857-60.

Di sebuah kapel di bagian tengah selatan dimakamkan tidak hanya Beato Amadeus IX, yang makamnya dibangun, tetapi juga anggota keluarga penguasa Savoy lainnya, termasuk Charles I, Charles III, Yolande dari Valois (istri Beato Amadeus) dan Victor Amadeus I.

Perbendaharaan dan perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Katedral ini memiliki perbendaharaan penting, yang sekarang menjadi museum, dan perpustakaan penting, yang menampung Buku Vercelli dan Codex Vercellensis.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Catholic Encyclopedia: Vercelli. Peninggalan Theonestus masih disimpan di katedral yang sekarang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]