Katedral Tulle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Tulle
Katedral Santa Maria
Prancis: Cathédrale Notre-Dame de Tulle
Katedral Tulle
LokasiTulle
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Tulle

Katedral Tulle (Prancis: Cathédrale Notre-Dame de Tulle) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang berlokasi di kota Tulle, Prancis. Katedral adalah tempat kedudukan Keuskupan Tulle, yang didirikan pada tahun 1317 setelah Perang Salib Albigensian.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Keuskupan Tulle didirikan pada tahun 1317, di wilayah Bas-Limousin yang menjadi milik Keuskupan Limoges. Gereja biara kemudian dipromosikan menjadi katedral.

Gereja ini dibangun di lokasi biara Merovingian yang pemegangnya telah memperoleh martabat uskup. Karena penundaan rencana arsitektur asli, konstruksi beralih dari desain Romanesque ke gaya arsitektur Gotik. Ini termasuk perubahan pada biara abad ke-13 yang sekarang menjadi tempat Museum Seni dan Tradisi Populer.

Pilar-pilarnya berdesain Romawi dan kubah bagian tengahnya berdesain Gotik.

Menara Lonceng berdiri tegak dengan puncak menara yang panjangnya mencapai 75 meter. Itu berasal dari abad ke-14. Terdiri dari tiga lantai yang di atasnya terdapat puncak menara segi delapan yang elegan dan dikelilingi oleh menara lonceng yang anggun.

Pada tanggal 27 November 1793, pemujaan terhadap dewi Raison dirayakan di katedral, dan kemudian ditutup untuk ibadah. Bangunan itu dijarah dan digeledah. Belakangan, pabrik meriam didirikan di sana. Bagian tengah katedral direnovasi pada tahun 1805.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]