Katedral Tromsø

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Tromsø
Gereja Katedral Bunda Maria di Tromsø
Vår Frue domkirke
Katedral Tromsø, 2019
LokasiTromsø
NegaraNorwegia
DenominasiGereja Katolik Roma
Administrasi
KeuskupanPrelatur Teritorial Tromsø

Katedral Bunda Maria[1] (bahasa Norwegia: Vår Frue domkirke) juga disebut Gereja Bunda Maria[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Tromsø, Norwegia,[3] yang menjadi pusat kedudukan dan takhta bagi prelatur dengan nama yang sama, yaitu Prelatur Teritorial Tromsø. Katedral ini merupakan katedral Katolik (dan seluruh Kekristenan) paling utara di dunia. Terletak di alun-alun Erling Bangsunds.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Gereja ini merupakan gereja kayu kecil dengan ruang untuk sekitar 150 kursi. Pembangunan gereja ini dimulai pada tahun yang sama dengan Katedral Lutheran di kota itu, pada tahun 1861, dan berbagi gaya artistik neogotik. Gereja ini juga memiliki tiga menara kecil di fasad utama dan menara yang lebih besar di atas paduan suara. Meskipun eksteriornya hampir tidak berubah sejak tahun 1861, interiornya telah dimodifikasi lebih dari satu kali; Kini interiornya sederhana dan dicat dengan warna-warna terang, seperti keinginan Uskup Gerhard Goebel, vikaris Tromsø pada tahun 1970-an.

Di sebelah gereja terdapat rumah paroki, yang hingga tahun 1967 merupakan sekolah Katolik Tromsø. Saat ini sedang berlangsung perayaan dan pertemuan sosial masyarakat Katolik. Di alun-alun yang dikenal sebagai Stortorget adalah rumah uskup, sebuah bangunan bergaya kerajaan dari tahun 1832, tempat Paus Yohanes Paulus II bermalam selama kunjungannya ke Tromsø pada bulan Juni 1989.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Vår Frue domkirke
  2. ^ Inc., CompBiz. "Gereja Katolik Bunda Maria Tromsø di Storgata 94, Tromsø, Troms 9008 (Difilter oleh: 9008) Norwegia". www.thecatholicdirectory.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-02-15. 
  3. ^ "Katolik berkembang pesat di Norwegia | CatholicHerald.co.uk". CatholicHerald.co.uk. 2016-11-25. Diakses tanggal 2017-02-15.