Katedral Tianjin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Tianjin
Katedral Santo Yosef, Tianjin
Gereja Xikai
Hanzi: 圣若瑟主教座堂
Katedral Tianjin
Koordinat: 39°07′01″N 117°11′15″E / 39.11694°N 117.18750°E / 39.11694; 117.18750
LokasiJalan Xining, Heping, Tianjin
NegaraTiongkok
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
GayaNeo-Bizantin
Peletakan batu pertama1913
Spesifikasi
Kapasitas1500 umat
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Tianjin

Katedral Tianjin atau yang bernama resmi Katedral Santo Yosef (Hanzi: 圣若瑟主教座堂; Pinyin: Shèng Ruòsè Zhǔjiào Zuòtáng), juga dikenal sebagai Gereja Xikai (Hanzi: 西開 堂; Pinyin: Xikāi Táng), adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kawasan komersial pusat dan bekas Konsesi Prancis di Tianjin, Tiongkok. Letaknya di ujung selatan Binjiang Dao (滨江道) di Distrik Heping. Katedral ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Tianjin yang dilindungi.[1] Gereja ini dibangun pada tahun 1913 dengan nama Gereja MG sebelum berganti nama menjadi Gereja Santo Yosef. Ini adalah Gereja Katolik terbesar di Tianjin. Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Tianjin.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1912, Takhta Suci mengeluarkan dekrit yang diumumkan oleh Zhili Vikariat atas nama Teritori Utara Vikariat Zhili. Rumah Uskup Tianjin terletak di dekat Sungai Sancha di Gereja Wanghailou, dan Vikaris apostolik pertama adalah Paul-Marie Dumond dari Kongregasi Misi .

Pada bulan Agustus 1913, konstruksi dimulai, dan setiap batu bata harus dikirim dari Perancis. Pada bulan Juni 1916, Xikai selesai dibangun dan menjadi katedral utama untuk Keuskupan Tianjin. Setelah itu, Uskup Paul-Marie Dumond membuka Sekolah Dasar St. Joseph (sekarang Sekolah Menengah No. 21 Tianjin). Sejak itu keuskupan juga mengakuisisi Sekolah Hukum St. Joseph dan Rumah Sakit Katolik (sekarang Rumah Sakit Obstetri dan Ginekologi Tianjin).

Pada awal pembangunan, konsesi Perancis di Tianjin diperintahkan untuk menempatkan polisi di daerah tersebut. Namun, pada tanggal 20 Oktober 1916, polisi yang ditempatkan di Prancis terpaksa dilucuti oleh polisi Tiongkok setempat yang menahan jembatan tersebut dan menyebabkan protes publik besar-besaran di Tianjin. Belakangan, orang-orang Tiongkok-Prancis di wilayah tersebut mempertahankan kendali. Pada tanggal 23 Agustus 1966, Pengawal Merah menyerang daerah tersebut, yang mengakibatkan tiga menara dihancurkan dan baru dibangun kembali pada tahun 1980-an.

Gempa Tangshan tahun 1976 juga menyebabkan beberapa kerusakan. Dua menara kejut depan di dasar kubah rusak parah, dan perbaikan pangkalan baru dimulai pada tahun 1979. Perbaikan tersebut selesai pada musim gugur 1980 ketika peresmian resmi dirayakan. Pada bulan Agustus 1991, Xikai terdaftar dalam daftar perlindungan peninggalan budaya Tianjin. Hingga saat ini, gereja tersebut masih menjadi Gereja Katolik terbesar di wilayah metropolitan Tianjin.

Gaya arsitektur[sunting | sunting sumber]

Interior
Tampak lain Katedral Tianjin

Katedral Tianjin adalah gereja Romawi terbesar di Tiongkok utara, dengan luas 1.891,95 meter persegi dan dapat menampung 1.500 orang. Kubah raksasa tersebut berbentuk "produk" dengan permukaan tembaga berwarna hijau di bagian luar, ditopang oleh struktur kayu dan di atasnya terdapat salib perunggu. Pada saat dibangun, uskup menolak memasang penangkal petir pada kubah tersebut, namun 50 tahun kemudian ditambahkan. Namun, 80 tahun kemudian ketika kawasan tersebut menjadi pusat komersial Tianjin, gereja tersebut tidak lagi menjadi gedung tertinggi dan oleh karena itu tidak lagi memerlukan penangkal petir. Dinding Xikai diberi kotak-kotak dengan ubin merah dan kuning dan dibingkai dengan pasangan bata air putih. Jendela berbentuk lingkaran, kolom, lukisan dalam ruangan berukuran besar, organ pipa besar, dan jendela setengah lingkaran menjadi aksen bangunan. Pintu masuknya terdiri dari dua pintu di belakang Xikai, awalnya dimaksudkan untuk memungkinkan pria dan wanita masuk melalui pintu terpisah.

Interior Katedral ini didasarkan pada gaya arsitektur Perancis dan Romawi. Aula utama yang panjang dibatasi oleh 14 kolom besar (dua baris tujuh), mengarah ke tee bergaya galeri. Bagian tengahnya memiliki serambi samping komposit bertumpuk, ditopang oleh bagian atas setengah lingkaran. Kubah tengah yang tinggi terdiri dari atap gendang segi delapan yang melengkapi jendela segi delapan di seluruh gereja. Jendela sampingnya terbuat dari kaca berwarna dengan lukisan tatahan. Mural yang dilukis dan penuh hiasan, penuh dengan adegan-adegan Alkitab, menutupi dinding.

Kegiatan keagamaan[sunting | sunting sumber]

Ada dua paroki Bunda dari Tiongkok dan Tianjin (OLCTJ) yang merayakan di katedral ini: paroki berbahasa Mandarin dan Inggris.

Setiap pagi paroki Tionghoa mengadakan Misa, sekaligus memberikan tambahan Misa hari Sabtu dan Minggu.

Misa Paroki berbahasa Inggris,[2] dimulai pada tahun 2007 oleh Pastor Joseph Loftus, merayakannya di 11:30 setiap hari Minggu, dengan Misa khusus di sekitar hari libur tertentu. Sejak paroki ini dimulai, para selebran asing yang berbahasa Inggris telah membentuk sebuah Dewan untuk menjalankan semua kegiatan paroki termasuk Pelayanan Musik, Kelompok Pemuda, Kelompok Rosario, makanan seadanya, RCIA, dan Pelayanan Amal. Lebih khusus lagi, paroki Xikai English telah mengembangkan kemitraan untuk membantu Panti Asuhan Huiling setempat di Tianjin[3] dan TICCO.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Selamat datang di nginx eaa1a9e1db47ffcca16305566a6efba4 !185.15.56.1". Diarsipkan dari versi asli tanggal 28-06-2013. 
  2. ^ https://www.facebook.com/olctj Templat:User-generated source
  3. ^ "Home". huiling.org.cn. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]