Katedral Thakhek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Thakhek
Katedral Santo Louis, Thakhek
Cathédrale Saint-Louis
Katedral Thakhek
LokasiThakhek
NegaraLaos
DenominasiGereja Katolik Roma
Administrasi
KeuskupanVikariat Apostolik Savannakhet

Katedral Santo Louis adalah sebuah gereja katedral Katolik yang berlokasi di Thakhek, di provinsi Khammouan, Laos. Gereja ini, yang merupakan tempat kedudukan Vikariat Apostolik Savannakhet, adalah gereja Katolik terbesar kedua di Laos, setelah Katedral Hati Kudus di Vientiane.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bagian dalam Katedral Thakhek

Gereja ini dibangun oleh sekelompok misionaris Perancis yang diutus untuk menginjili penduduk Thakhek, salah satu kota besar di Laos, oleh prefek apostolik Vientiane, Jean - Henri Mazoyer pada tahun 1942. Awalnya para misionaris membangun sebuah kapel kecil, tetapi, pada 1945, setelah ribuan pembaptisan, pekerjaan dimulai pada gereja yang lebih besar, untuk memenuhi kebutuhan komunitas kecil Katolik. Gereja ini selesai dibangun pada 1949 dan ditahbiskan oleh prefek Vientiane Mazoyer, pada 1950.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Gaya katedral sebagian besar merupakan ciri khas tempat yang digunakan dalam pembangunan kuil Buddha, dengan beberapa sentuhan Art Nouveau. Dapat menampung hingga 500 orang, menjadikannya gereja Katolik terbesar kedua di Laos, didahului oleh Katedral Hati Kudus di Vientiane. Gereja juga memiliki organ dan menara lonceng dengan lonceng perak. Seminari menengah vikariat juga berdiri di tanah yang berdekatan dengan katedral.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]