Katedral Tarbes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Tarbes
Katedral Santa Maria
Prancis: Cathédrale Notre-Dame-de-la-Sède de Tarbes
Katedral Tarbes
LokasiTarbes
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Tarbes et Lourdes

Katedral Tarbes (Prancis: Cathédrale Notre-Dame-de-la-Sède de Tarbes) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota dari Tarbes, Hautes-Pyrénées, Prancis. Katedral adalah monumen nasional dan merupakan kedudukan Keuskupan Tarbes et Lourdes.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral Tarbes didirikan pada abad ke-12. Dari bangunan aslinya masih ada dua apses paduan suara. Perpanjangan pertama dilakukan pada abad ke-14 dengan penambahan bagian tengah Gotik, yang hingga abad ke-18 sama luasnya dengan bentang luar. Katedral ini menyerupai benteng dan dibangun dengan kerikil bulat dari sungai Adour yang juga telah digunakan untuk pembangunan banyak rumah di Tarbes. Dapat menampung hingga 600 orang.

Kanopi besar Barok dari marmer dari abad ke-18 menutupi altar utama. Napoleon menggambarkan Tarbes sebagai "jalan tanpa kota, jembatan tanpa sungai, altar tanpa gereja", mengacu pada kanopi yang sangat luas.

Katedral ini juga memiliki kapel Perawan Terberkati di mana pengunjung dapat membaca wasiat Louis XVI yang terukir di dinding marmer hitam setinggi tiga meter. Ciri lainnya adalah rumah harta karun yang berisi hiasan, kasula, tongkat uskup dan lain sebagainya. Santo Vincent de Paul ditahbiskan sebagai diakon di sini pada tahun 1598.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]