Katedral Spoleto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Spoleto
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Cattedrale di S. Maria Assunta
Katedral Spoleto
LokasiSpoleto
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Spoleto-Norcia

Katedral Spoleto (bahasa Italia: Cattedrale di Santa Maria Assunta; Duomo di Spoleto) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Spoleto, Umbria, Italia. Katedral ini didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja pada dasarnya adalah contoh arsitektur Romawi, dengan bagian tengah dan dua lorong samping yang dilintasi oleh transept, meskipun kemudian dimodifikasi. Dibangun pada paruh kedua abad kedua belas setelah kota itu dihancurkan oleh pasukan Frederick Barbarossa, di area di mana sebelumnya terdapat katedral sebelumnya, yang didedikasikan untuk Santo Primianus (' 'San Primiano)[1] dan dihancurkan oleh kaisar. Serambi luar yang terkenal dan menara tempat lonceng bergantung masing-masing ditambahkan pada abad kelima belas dan keenam belas.

Fasadnya dibagi menjadi tiga pita. Bagian bawah memiliki pintu arkitrave yang bagus dengan tiang pintu yang dipahat. Dua mimbar disediakan di setiap sisi serambi. Jalur atas dipisahkan oleh jendela mawar dan lengkungan ogival. Ciri paling mencolok dari fasad atas adalah mosaik hierarki Bizantium yang menggambarkan Kristus memberikan Berkat, yang ditandatangani oleh Solsternus (1207). Dia menandatangani karyanya dengan tulisan "Doctor Solsternus, hac summus in arte modernus" (dokter Solsternus, sangat modern dalam seninya), menyebut dirinya seniman modern yang luar biasa. Tidak ada lagi yang diketahui tentang dia. Dia tentu saja lebih maju dari orang-orang sezamannya, karena dibutuhkan waktu setengah abad sebelum mosaik di gereja-gereja Romawi melampaui gayanya. Bagian menara tempat lonceng bergantung yang sezaman dengan gereja menggunakan kembali elemen Romawi dan abad pertengahan awal.

Mosaik "Memberkati Kristus" (1207) karya Bizantium Solsternus

.

Interiornya dimodifikasi secara signifikan pada abad ke-17 hingga ke-18, meskipun tetap mempertahankan lantai asli Cosmatesque di bagian tengah tengah. Yang masih hidup lainnya adalah lukisan dinding apse dengan empat Pemandangan dari Kehidupan Perawan Maria, dimulai pada tahun 1467 oleh Filippo Lippi dan diselesaikan dua tahun kemudian oleh murid-muridnya Fra' Diamante dan Piermatteo Lauro de' Manfredi da Amelia. Lippi dimakamkan di lengan selatan transept.

Yang juga patut diperhatikan adalah salib altar karya Alberto Sozio, tertanggal 1187, sebuah ikon Bizantium yang disumbangkan ke kota oleh Barbarossa sebagai tanda perdamaian dan lukisan dinding oleh Pinturicchio di Kapel dari Uskup Eroli. Lukisan dinding lain dari abad ke-16 ada di kapel berikutnya. Gereja ini juga berisi patung kayu polikrom Madonna (abad ke-14) dan paduan suara (abad ke-16) dengan altar dan tabernakel yang dicat, di Kapel Relik, di bawahnya terletak ruang bawah tanah bekas katedral San Primiano.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Santo Primianus adalah salah satu dari tiga orang suci yang berasal dari Larino di Molise; pestanya masih dirayakan di sana pada tanggal 15 Mei, tetapi kapel yang didedikasikan untuknya berada di pinggiran kota. Catatan sejarah menunjukkan bahwa jenazahnya dicuri dari Larino oleh warga sekitar Lucera setelah Larino dirusak oleh Saracen. Larinesi, yang pergi untuk mendapatkan kembali pelindung mereka, malah pergi dengan San Pardo Lucera, pulang bersamanya dengan gerobak sapi yang dihias dengan bunga. Dalam hagiografi ia menjadi Primianus hidup yang melarikan diri dari Larino, mengucapkan kutukan pada warganya, sebuah kebalikan dari keunggulan San Pardo di katedral Larino abad kedua belas. (Ricci)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]