Katedral Sospel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Sospel
Katedral Santo Mikael
Prancis: Concathédrale Saint-Michel de Sospel
Katedral Sospel
LokasiSospel
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Nice

Katedral Sospel (Prancis: Cocathédrale Saint-Michel de Sospel) adalah sebuah gereja kon-katedral Katolik yang terletak di kota Sospel, Prancis.

Dulunya merupakan tempat kedudukan Keuskupan Sospel yang bersifat skismatis, yang dibentuk pada tahun 1378 dari Keuskupan Ventimiglia selama Skisma Besar[1] sebagai pusat ketaatan Avignon dari keuskupan yang secara efektif terpecah (bagian 'Italia' tetap setia kepada Roma dengan kursi di Ventimiglia) dan dikembalikan ke pemerintahan kepausan Roma dan otoritas keuskupan Ventimiglia (setelah tiga anti-uskup) pada tahun 1412; secara resmi diakui sebagai dihapuskan berdasarkan Konkordat 1801. Sekarang berada di Keuskupan Nice.

Selain menara lonceng yang berasal dari abad ke-11 atau ke-13, dari periode Lombard dalam sejarah Sospel, katedral ini dibangun antara tahun 1642 dan 1762, dan diklaim sebagai bangunan terbesar di Alpes -Maritimes[1]. Fasad Renaisans berasal dari tahun 1642, dan di dalam dua relung terdapat patung pelindung kota, Santo Hippolitus dan Santo Absendus. Di dalamnya, ciri utamanya adalah meja altar dari kayu berukir dalam tiga panel, berisi sosok "Perawan Tak Bernoda dari Sospel". Karya ini dibuat oleh seniman François Brea [fr; it], dari keluarga seniman dari Nice, dari abad ke-15 atau awal abad ke-16.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]