Katedral Shanghai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Shanghai
Katedral Santo Ignatius di Shanghai
Hanzi: 圣依纳爵主教座堂
Katedral Shanghai
Koordinat: 31°11′35″N 121°25′53″E / 31.19306°N 121.43139°E / 31.19306; 121.43139
LokasiXujiahui, Shanghai
NegaraTiongkok
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Shanghai

Katedral Shanghai atau yang bernama resmi Katedral Santo Ignatius (Hanzi: 圣依纳爵主教座堂), juga dikenal sebagai Katedral Xujiahui (Hanzi: 徐家汇主教座堂) atau Gereja Katolik Xujiahui (Hanzi: 徐家汇天主教堂), adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Xujiahui, Shanghai, Tiongkok. Sejak tahun 1960, Katedral ini menjadi pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Shanghai. Gereja ini dirancang dengan gaya Neo-Gotik oleh William Doyle dan dibangun antara tahun 1906 dan 1910.

Katedral Shanghai difoto pada bulan Juli 1994 menggunakan kamera format besar Sinar dengan film FujiColor.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Interior

Gereja pertama di Zikawei (sekarang dieja Xujiahui sesuai pengucapan Mandarin) dibangun pada tahun 1851.[1] Sebuah gereja berukuran sedang bergaya Yunani dibangun pada tahun 1851 (dihancurkan pada tahun 1980-an untuk dijadikan markas baru Keuskupan Shanghai).

Dengan berkembangnya Zikawei sebagai pusat agama Katolik, sebuah gereja baru yang lebih besar didirikan. Dirancang oleh arsitek Inggris William Doyle, dan dibangun oleh Yesuit Prancis antara tahun 1906 dan 1910,[2] konon pernah dikenal sebagai "gereja termegah di Timur Jauh". Dapat menampung 2.500 umat Katolik secara bersamaan.[1]

Pada tahun 1960, setelah Komunis mengambil alih Shanghai dan penangkapan serta pemenjaraan para pemimpin Keuskupan Shanghai, katedral Uskup Shanghai dipindahkan dari Katedral St Fransiskus Xaverius di Dongjiadu ke Santo Ignatius, dan Zikawei menjadi markas besar Keuskupan Shanghai. Ignatius Kung Pin-Mei, Uskup Shanghai, telah ditangkap pada tahun 1955 dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada tahun 1960, sehingga perpindahan ke Zikawei terjadi di bawah Aloysius Zhang Jiashu, Uskup Shanghai menurut yang disetujui pemerintah Tiongkok " Gereja Katolik.

Pada tahun 1966, pada pembukaan Revolusi Kebudayaan, Pengawal Merah dari Beijing merusak katedral, merobohkan puncak menara dan langit-langitnya, serta menghancurkan sekitar 300 katedral. meter persegi kaca patri. Pengawal Merah juga memukuli pastor dan biarawati di gereja. Tak berdaya untuk melawan, Uskup Aloysius Zhang Jiashu berlutut di altar dan berdoa sampai dia diseret – selama Revolusi Kebudayaan, dia "diturunkan" untuk bekerja, memperbaiki payung dan mencuci botol. Selama sepuluh tahun berikutnya katedral ini berfungsi sebagai gudang gandum milik negara.[3]

Pada tahun 1978 katedral dibuka kembali, dan menaranya dipugar pada awal tahun 1980-an.[3]

Pada tahun 1989, Misa berbahasa Mandarin yang pertama dirayakan di Katedral Shanghai atas perintah Uskup Aloysius Jin Luxian.[3] Yang merayakannya adalah Pastor Thomas Law dari Hong Kong, Pastor Joseph Zen dari Hong Kong (kemudian diangkat menjadi uskup dan Kardinal Hong Kong), dan Pastor Edward Malatesta, S.J., dari San Francisco.

Tampak dekat Katedral Shanghai

Pemugaran bangunan terus dilakukan. Pada tahun 2002, Wo Ye, seorang seniman kelahiran Beijing, dan Pastor Thomas Lucas, seorang Yesuit dari Universitas San Francisco, memulai proyek lima tahun untuk menggantikan jendela kaca patri katedral. Jendela baru ini menggabungkan karakter Cina dan ikonografi, dan pertama kali diresmikan pada saat Pameran Dunia 2010 di Shanghai.

Sejak tahun 2014, patung Santa Maria, Permaisuri Tiongkok, yang dibuat oleh pematung Spanyol Antonio Jesús Yuste Navarro, dihormati di sana.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Katedral ini terletak di dekat Stasiun Metro Xujiahui pintu keluar 3.

Anekdot[sunting | sunting sumber]

Katedral ini ditampilkan dalam adegan pembuka film Steven Spielberg tahun 1987 Empire of the Sun. Meski nyatanya bukan katedral yang ada di buku asli Empire of the Sun karya J. G. Ballard, yang bersekolah di Anglikan Gereja Tritunggal Mahakudus di Shanghai.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Qiao, Michelle (2017-03-11). "Katedral Gotik Agung yang Dipulihkan ke Kemuliaan Sebelumnya". ShanghaiDaily.com. 
  2. ^ "Gereja di Shanghai". Time Out. 2014-07-14. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-03-13. Diakses tanggal 2017-03-12. 
  3. ^ a b c Minter, Adam (2006-07-16). "Jesus in Tiongkok". Los Angeles Times.