Katedral Senlis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Senlis
Katedral Santa Maria
Prancis: Cathédrale Notre-Dame de Senlis
Katedral Senlis
LokasiSenlis
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Beauvais

Katedral Senlis (Prancis: Cathédrale Notre-Dame de Senlis) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Senlis, Oise, Perancis.

Dulunya merupakan kedudukan Keuskupan Senlis, yang dihapuskan berdasarkan Konkordat 1801, ketika wilayahnya diserahkan kepada Keuskupan Beauvais.

Katedral Notre-Dame dibangun, sebagian besar, pada kuartal ketiga abad ke-12, ketika kota kerajaan Senlis sedang mengalami "zaman keemasan" yang sesungguhnya. Itu direnovasi secara besar-besaran pada abad ke-13 dan ke-16.

Dengan portal penobatan Perawan (abad ke-12), menara selatan setinggi 78 meter yang monumental (abad ke-13) dan transept menghiasi semua mahakarya zaman kuno dan Gotik akhir, Notre Dame de Senlis menempati tempatnya di antara katedral di Prancis. Hal ini ditunjukkan dengan lebih baik karena katedral Senlis dimasukkan dalam daftar pertama monumen bersejarah pada tahun 1840.[1] Perpustakaan tua yang ada di gereja ini diklasifikasikan pada 1929.[2]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "La Cathédrale Notre-Dame de Senlis". www.ville-senlis.fr (dalam bahasa Prancis). Diakses tanggal 2021-11-09. 
  2. ^ Base Mérimée: PA00114883, Ministère français de la Culture. (dalam bahasa Prancis) Ancienne cathédrale et son chapître