Katedral Saratov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Saratov
Gereja Katedral Santo Petrus dan Santo Paulus di Saratov
Собор Святых Апостолов Петра и Павла
Katedral Saratov
LokasiSaratov
NegaraRusia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiSanto Petrus dan Santo Paulus
Tanggal dedikasi2000
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Saratov

Katedral Saratov atau yang bernama resmi Katedral Santo Petrus dan Santo Paulus[1][2] (bahasa Rusia: Собор Святых Апостолов Петра и Павла) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Saratov, Rusia. Katedral ini menjadi pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Santo Klemens di Saratov,[3] di Oblast Saratov, Rusia.

Saratov berasal dari pertengahan abad kesembilan belas, kedudukan Uskup Tiraspol di Kekaisaran Rusia. Uskup Tiraspol tidak bertempat tinggal di Tiraspol, tetapi mempunyai yurisdiksi atas Rusia selatan dan Siberia. Kemudian kota ini dihuni oleh minoritas besar Polandia dan Jerman dari Volga, yang terakhir menetap di wilayah tersebut sejak paruh kedua abad kedelapan belas. Gereja Katolik pertama dibangun pada tahun 1805 di sebuah kota kecil yang dipenuhi pemukim dari seluruh Kekaisaran.

Pada masa Soviet, Gereja Katolik di Saratov dianiaya. Setelah dibubarkan, gereja tersebut tidak diperbolehkan dikembalikan kepada komunitas Katolik yang menempati situs lama. Oleh karena itu, sebuah gereja baru dibangun dan ditahbiskan kepada para Rasul Petrus dan Paulus pada tahun 2000 dengan kehadiran nunsius apostolik, yang ditingkatkan statusnya menjadi katedral pada tahun 2002 dengan didirikannya Keuskupan Saratov.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 51°31′39″N 46°02′41″E / 51.5275°N 46.0447°E / 51.5275; 46.0447