Katedral Avarua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Avarua
Gereja Katedral Santo Yosef di Avarua
St. Joseph's Cathedral
Katedral Avarua
LokasiAvarua
NegaraKepulauan Cook
DenominasiGereja Katolik Roma
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Rarotonga
Klerus
UskupYang Mulia Mgr. Paul Donoghue

Katedral Santo Yosef atau St. Joseph's Cathedral[1] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Avarua[2] di utara pulau Rarotonga pulau terbesar dan terpadat di Kepulauan Cook, di Samudera Pasifik Selatan dalam asosiasi bebas dengan Selandia Baru. Katedral Santo Yosef merupakan pusat kedudukan dan takhta dari Uskup Rarotonga, yang saat ini menjabat Yang Mulia Mgr. Paul Donoghue.

Katedral Avarua menjadi gereja induk dari Keuskupan Suffragan Rarotonga (Dioecesis Rarotongana) yang memiliki yurisdiksi atas Gereja Katolik di Kepulauan Cook dan Niue dan yang didirikan sebagai prefektur apostolik pada tahun 1922 diangkat menjadi statusnya sekarang pada tahun 1966 oleh Bulla "Prophetarum voces" Paus Paulus VI.

Katedral Avarua berada di bawah tanggung jawab pastoral Uskup Mgr. Paul Donoghue.[3] Di dalam gereja, terdapat jendela kaca patri yang menggambarkan peristiwa dan orang-orang dari Alkitab.

Selama beberapa tahun negosiasi terjadi antara Gereja dan pemilik tanah (dengan keterlibatan pemerintah pemerintah Kepulauan Cook) untuk melanjutkan pendudukan situs katedral yang disewakan. Sebuah kesepakatan akhirnya tercapai pada tahun 2018 yang menghasilkan "jaminan tanah". Perjanjian tersebut juga menguntungkan Kolese Nukutere terdekat.[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ St. Joseph's Cathedral in Avarua
  2. ^ "Gereja Katolik di Kepulauan Cook". www.maristmessenger.co.nz (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 4 Februari 2017. 
  3. ^ Cheney, David M. "Rarotonga ( Keuskupan) [Catholic-Hierarchy]". www.catholic-hierarchy.org. Diakses tanggal 4 Februari 2017. 
  4. ^ Malina Etches, "Perguruan tinggi Nukutere dibangun kembali setelah abu", Cook Island News, 28 Maret 28, 2019 (Diakses 3 Mei 2020)