Katedral Saint-Papoul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Saint-Papoul
Katedral Santo Papulus
Prancis: Cathédrale Saint-Papoul de Saint-Papoul
Katedral Saint-Papoul
LokasiSaint-Papoul
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Carcassonne dan Narbonne

Katedral Saint-Papoul (Prancis: Cathédrale Saint-Papoul de Saint-Papoul) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di desa Saint-Papoul di Languedoc, Prancis. Katedral didedikasikan kepada Santo Papulus (Prancis: Papoul), seorang uskup dan martir Katolik awal, yang juga menjadi asal muasal nama pemukiman tersebut.

Itu adalah kedudukan Keuskupan Saint-Papoul. Keuskupan ini, bersama dengan sejumlah keuskupan lainnya di wilayah tersebut, didirikan pada tahun 1317 setelah penindasan terhadap Albigensian. Biara Saint-Papoul didirikan di sini pada abad ke-8, dan pada tahun 1317 kepala biara diangkat menjadi uskup, dan gereja biara menjadi katedral.

Keuskupan dan biara ditindas selama Revolusi Perancis dan keuskupan tersebut dihapuskan berdasarkan Konkordat 1801, wilayahnya dipindahkan hampir seluruhnya ke Keuskupan Carcassonne. Bangunan biara tetap ada dan gereja katedral/biara telah menjadi gereja paroki di desa Saint-Papoul.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Biara ini didirikan pada abad kedelapan. Namanya berasal dari Saint Papoul, seorang pertapa dari abad ke-5 atau ke-6. Dia menjadi martir dan terguncang di tempat bernama "L'Ermitage". Menurut legenda, dia membungkuk dan mengambil bagian atas tengkoraknya.

Biksu Saint Berenger tinggal di sana pada abad ke-11 dan makamnya menjadi tempat ziarah.

Pada tahun 1317, Paus Yohanes XXII mendirikan keuskupan Saint-Papoul, dan gereja biara menjadi katedral. 34 uskup menggantikan satu sama lain hingga terjadi Revolusi pada tahun 1361, akibatnya katedral dijarah oleh Routiers dan pada tahun 1595 oleh Protestan.

Pada abad ke-17 dan ke-18, biara ini mengalami restorasi penting dan istana uskup dibangun kembali. Pada tahun 1790, katedral memelihara sejumlah kecil musik untuk kebaktian, yang dibentuk oleh seorang organis, seorang penyanyi yang juga memainkan ular dan seorang anggota paduan suara.

Semasa Revolusi, keuskupan dibubarkan dan katedral menjadi gereja paroki.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]